Ciamis Dikepung Sembilan Titik Longsor Hingga Tutup Badan Jalan Serta Rusak Rumah Warga

News —Minggu, 26 Sep 2021 00:17
    Bagikan  
Ciamis Dikepung Sembilan Titik Longsor Hingga Tutup Badan Jalan Serta Rusak Rumah Warga
Ciamis Dikepung Sembilan Titik Longsor Hingga Tutup Badan Jalan Serta Rusak Rumah Warga/Deni

CIAMIS, POSTPANGANDARAN

Hujan seras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis sejak Sabtu 25 September 2021 petang membuat tebing setinggi 10 meter di Dusun Cikuda, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Ciamis, Jawa Barat longsor dan menutup badan jalan. Material tanah setinggi 2 meter lebih memutuskan akses keluar masuk warga di dua desa yakni Desa Nasol dan Desa Darma Ca'ang. 

Longsor terjadi di sembilan titik di Desa Nasol. Selain tebing, pagar halaman Masjid Al Barokah di Dusun Sigung satu ambrol. Material tembok menimpa dapur rumah milik Siti. Beruntung saat peristiwa terjadi, seluruh penghuni berada di depan rumah sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca juga: Jalur di Kawasan Obwis Pangandaran Diberlakukan Rekayasa, AKBP Wahyu Broto Cek Kesiapan di Lapangan

Baca juga: Percepat Heed Immunity, Polres Ciamis Gelar Vaksinasi Presisi di Pangandaran

Sementara irigasi atau saluran selokan jebol di Dusun Sigung dua sehingga air deras setinggi setengah meter masuk ke rumah milik Toto dan Eso.

Akibat bencana longsor di ssmbilan titik ini, sebanyak 15 jiwa terpaksa mengungsi lantaran khawatir terjadi longsor susulan.

"Proses evakuasi material tanah longsor dan di lokasi bencana lainnya akam dilakukan esok hari karena kondisi di lokasi masih turun hujan sehingga rawan longsor susulan," singkat Ketua Tagana Ciamis Ade Waluya kepada wartawan di lokasi longsor, Sabtu 25 September 2021 malam.

Dari pantauan, kini petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis masih terus melakukan pendataan bencana. Diperkirakan jumlah lokasi bencana longsor akan bertambah. (Deni)

Baca juga: Satlantas Polres Ciamis Edukasi Prokes di Kawasan Objek Wisata Pantai Pangandaran

Baca juga: Siswa Disabilitas di Kota Banjar Jalani Vaksinasi Dosis Kedua

Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait