Aquarium Raksasa Piamari di Pangandaran Belum Penuhi Syarat untuk Dibuka

Berita —Selasa, 4 May 2021 12:06
    Bagikan  
Aquarium Raksasa Piamari di Pangandaran Belum Penuhi Syarat untuk Dibuka
Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono didampingi Bupati Pangandaran saat melakukan kunjungan kerja ke Pangandaran (foto: Fitri)

DEPOSTPANGANDARAN, PANGANDARAN

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Lokasi yang jadi tujuan Menteri KKP di antaranya, pabrik pakan Mandiri Pangandaran, Politeknik KP Pangandaran, Piamari Pangandaran dan Pelabuhan Pangandaran.

Sakti Wahyu Trenggono mengatkan bahwa pembangunan Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute atau PIAMARI memang luar biasa, namun perlu ada koreksi dari segi penataan dan desain.

"Konsep dan letak lokasinya sudah bagus juga sangat strategis, namun ada dua hal atau bagian yang perlu diperbaiki, dikoreksi, di antaranya terkait penataan profiling ikan-ikan yang diperlihatkan agar edukasinya sampai. Kedua terkait unsur-unsur rekreasinya, perlu perbaikan, penataan lagi dan juga penambahan," ujarnya.

Menurut dia, dua hal tersebut belum memenuhi syarat pada konsep Akuarium PIAMARI. Pembangunan akuarium ini tidak boleh nanggung, semua harus didesain dengan baik, dan disiapkan juga bagaimana transportasinya.

"PIAMARI berfungsi untuk sarana edukasi, jadi perlu penambahan profile tentang ikan dan biota laut yang ada disana, terdiri dari katarestik, asalnya dari mana dan lain-lain. Kemudian fungsi yang kedua untuk rekreasi," sebutnya.

BACA JUGA :Lucinta Luna Mengaku Hamil, Ini Dia Sosok Ayah Si Jabang Bayi

Karena dua hal tersebut, Wahyu menilai bahwa PIAMARI belum memenuhi syarat untuk dibuka untuk umum. Namun dari sisi letak sudah cukup bagus, karena ada di daerah pariwisata.

"Kami juga akan bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata untuk pengembangan riset kelautan. Selain di Pangandaran, kita juga bisa bangun model seperti ini (PIAMARI,red) mungkin di Indonesia bagian timur, karena kita punya kepentingan terhadap riset, keberlanjutan biota laut dan kesehatan laut tentunya," ungkap Wahyu..

Saat kunjungan kerjanya ke Pangandaran, Menteri KKP RI disambut langsung oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dengan jajaran SKPD terkait dan juga mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang telah menginisiasi pembangunan PIAMARI.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengaku bangga dengan kedatangan pak MNenteri Kelautan dan Perikanan ke Kabupaten Pangandaran.

"Pak Menteri KKP lakukan kunjungan kerja ke Pangandaran dengan memantau secara langsung gedung Akuarium PIAMARI dan Pelabuhan PPI Cikidang serta tempat lainnya," terangnya.

Jeje berharap, akuarium raksasa PIAMARI bisa segera di buka untuk umum, dan juga Pemkab Pangandaran juga mendukung sarana prasarana lainnya.

"Salah satunya dengan membangun jembatan di Cikidang yang merupakan terobosan baru untuk perjalanan para wisatawan menuju akuarium PIAMARI, mudah-mudahan dengan kedatangan pak Menteri KKP RI bisa ada kejelasan pembangunan PIAMARI dan cepat selesai," singkatnya. (Fitri)

BACA JUGA :Pelaku Takjil Sate Sianida Mengaku Sakit Hati Terancam Hukuman Mati

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait