Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Pangandaran Jalin Kerjasama Dengan Universitas Siliwangi

Berita —Selasa, 14 Feb 2023 14:59
    Bagikan  
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Pangandaran Jalin Kerjasama Dengan Universitas Siliwangi
foto: portal.pangandarankab.go.id

POSTPANGANDARAN,- Bupati Pangandaran H. Jeje WIradinata dan Rektor Unsil, menandatangani naskah kerjasama Kabupaten Pangandaran dengan Universitas Siliwangi, bertempat di Kantor Bappeda, pada Rabu (28/12/2022).

Pangandaran merupakan Kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis, sebagai daerah otonomi baru, Pangandaran terus berjuang untuk menjadi lebih baik di berbagai sektor, terutama sektor fundamen seperti kesehatan, infrastruktur, pengelolaan pariwisata dan pendidikan. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kabupaten Pangandaran terus berupaya mencari jalan, salah satunya di bidang pendidikan, beragam upaya ditempuh pemerintah agar Kabupaten Pangandaran bisa menjadi lebih baik. Termasuk melalui kerjasama dengan Perguruan tinggi.

Rektor Universitas Siliwangi Dr. Ir. Nundang Busaeri, M.T, sangat senang dengan kerjasama ini, beliau menuturkan jika Unsil siap untuk berkolaborasi dengan Kabupaten Pangandaran, termasuk semua fakultas yang ada di Universitas Siliwangi,

"Izinkan kami ingin berkolaborasi dengan Kabupaten Pangandaran, kami siap melakukan kerjasama. InsyaAllah semua fakultas juga siap melaksanakan kerjasama."

Baca juga: Starter Persib vs PSM, David Da Silva di Bangku Cadangan

Kerjasama ini menjadi langkah untuk mewujudkan esensi pemekaran untuk menjadi lebih baik, dan lebih sejahtera, dimulai dengan membangun hal yang fundamen di Kabupaten Pangandaran. 

"Esensi dari pemekaran itu adalah ingin lebih baik, ingin lebih sejahtera, maka tentu kami itu yang menjadi hal yang paling fundamen di dalam rangka membangun Kabupaten Pangandaran." Ucap Bupati Pangandaran saat memberikan sambutan.

Bagi beliau mengurus mesin dan alat jauh lebih mudah di banding memperbaiki kualitas SDM, jika mesin dan alat cukup diulik, maka SDM memerlukan upaya. 

Pihak Universitas Siliwangi menyatakan siap untuk mendukung itu semua, beliau berharap agar kerjasama ini bisa memberikan manfaat dan bersama-sama menjadi lebih baik. 

"kami siap mendukung apa yang di programkan oleh Kabupaten Pangandaran, Mudah-mudahan kehadiran Unsil bisa memberikan manfaat banyak, bagaimana Pangandaran dan Unsil bersama-sama maju lebih baik, lebih bermanfaat dan lebih berkah." Ucap rektor Unsil. 

Baca juga: Pemdaprov Jabar Komitmen Jaga Ketahanan Pangan

Tidak lupa dengan fakta Kabupaten Pangandaran merupakan daerah wisata, beliau juga menyampaikan harapan semoga Pangandaran bisa setara dengan Bali dalam hal kunjungan pariwisata dan memaksimalkan potensi yang dimiliki. 

"Berharap Pangandaran ke depan kalau bisa sama dengan Bali pak, kunjungan wisatanya bukan hanya lokal dan nasional, tapi juga internasional. Karena potensinya luar biasa, barangkali pantai yang ada sekaligus pantai timur dan barat itu hanya di Pangandaran.  Sehingga potensi ini harus di explore dan ini nampaknya bonus dari Allah SWT terhadap kabupaten Pangandaran." Harapnya. 

Berdasarkan Naskah Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran dan Universitas Siliwangi, yang menjadi ruang lingkup kesepakatan bersama ini adalah :

1) Pendidikan,

2) Pengajaran,

3) Penelitian,

4) Pengembangan,

5) Pengabdian kepada masyarakat, dan

6) Hal-hal lain yang disepakati oleh para pihak.

Setelah penyampaian sambutan, kemudian Bupati Pangandaran dan Rektor Universitas Siliwangi, secara bersama maju untuk menandatangani perjanjian kerjasama, sebagai tanda dimulainya kolaborasi tersebut.

Baca juga: Preview Persib vs PSM: Klasik dan Menarik

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait