Pemkab Pangandaran Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Jelang Hari Raya Idulfitri 1444 H

Berita —Kamis, 13 Apr 2023 09:34
    Bagikan  
Pemkab Pangandaran Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Jelang Hari Raya Idulfitri 1444 H
foto: portal.pangandarankab.go.id

POSTPANGANDARAN,- Pemerintah Kabupaten Pangandaran menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H yang dipimpin langsung oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, bertempat di Aula Setda Pangandadaran, Parigi. Selasa (11/4/2023).

Rakor ini diikuti oleh Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, Forkopimda Kabupaten Pangandaran, Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Dr. H. Kusdiana, MM, Para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Para Camat Se - Kabupaten Pangandaran, Ketua MUI Kabupaten Pangandaran, dan instansi terkait lainnya.

Sebagai daerah tujuan wisata, prediksi pemudik dan wisatawan yang akan liburan di Pangandaran akan meningkat, hal ini terkait kebijakan pemerintah pusat yang memperpanjang libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H serta telah dibukanya jalan baru lintas pesisir di Pangandaran yang cukup mengundang animo para wisatawan.

Beberapa hal yang dibahas dalam rakor tersebut adalah terkait rekayasa lalu lintas yang akan dijalankan di jalan protokol serta pengaturan tempat wisata. Pengamanan di jalan protokol akan dilakukan mekanisme CB di beberapa titik yaitu Kalipucang, Panci Mas, dan Bundaran Karapyak. 

Baca juga: Ramadan 1444 H: Ide Takjil, Resep Bakwan Udang

Sementara itu untuk pengaturan di tempat wisata rencananya kantong parkir untuk kendaraan bus yaitu di Pasar Wisata, kendaraan truk di Lapang Katapang Doyong, dan untuk mini bus di sepanjang pantai barat.

Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran menyebutkan bahwa untuk mengurai kemacetan akan diberlakukan one way yang sifatnya situasional dan akan didukung oleh penunjuk jalan agar memudahkan para wisatawan.

Sementara itu, Polres Pangandaran khususnya SATLANTAS menyatakan siap untuk bersinergi dengan berbagai pihak dalam upaya pengamanan arus libur lebaran di Pangandaran.

Berdasarkan pemaparan yang diberikan oleh Disparbud Kabupaten Pangandaran, untuk memastikan keamanan di destinasi wisata akan dilakukan sebagai berikut:
1. Perluasan wilayah kerja balawista
2. Persiapan dan kesigapan personil
3. Antisipasi laka laut dengan menambah rambu-rambu keselamatan di sekitar pantai
4. Persiapan peralatan keselamatan
5. Monitoring selama libur idul fitri

Merespon hal tersebut, Bupati Pangandaran meminta untuk memfokuskan penjagaan di Pos 5 Pantai Barat Pangandaran yang menjadi daerah rawan laka laut.

Selain itu, ratusan Nakes di persiapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan selama mudik lebaran dan libur panjang. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran dalam acara Rapat Koordinasi.

Baca juga: Gubernur Ridwan Kamil Antar Arkana Imunisasi Polio ke Posyandu

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait