Jelang Ramadhan, Mendagri Apresiasi Penurunan IPH Pemkab Pangandaran

Berita —Selasa, 14 Mar 2023 10:48
    Bagikan  
Jelang Ramadhan, Mendagri Apresiasi Penurunan IPH Pemkab Pangandaran
foto: portal.pangandarankab.go.id

POSTPANGANDARAN,- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian beri apresiasi Pemerintah Kabupaten Pangandaran atas pencapaiannya dalam menurunkan Indeks Perkembangan Harga (IPH) pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi secara online. Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata beserta jajaran menghadiri acara tersebut melalui zoom meetings di Command Center. Senin (13/03/2023).

“Kita ucapkan apresiasi untuk Kabupaten Pangandaran karena IPH nya terendah, sangat rendah, “kata Mendagri.

Berdasarkan data SP2KP Kemendag, secara nasional Kabupaten Pangandaran berada di urutan pertama 10 Kab/Kota penurunan Indeks Perkembangan Harga (IPH) tertinggi dengan perolehan nilai -6,62%. Berbanding terbalik dengan Kabupaten Buton Utara yang mengalami kenaikan harga tertinggi dengan nilai IPH 12,31%. 

Kabar tersebut merupakan suatu pencapaian yang luar biasa, dimana Bupati Pangandaran beserta jajaran yang mengikuti Rakornas terlihat gembira dan bangga atas apresiasi dari Mendagri.

Baca juga: The Minions Mundur, Ini Daftar Lengkap Wakil Indonesia di All England 2023

Mendagri juga mengimbau setiap pemerintah daerah untuk tidak lelah menjaga inflasi agar tetap terkendali, “Kita jangan pernah lelah dan berhenti untuk menjaga terus tingkat inflasi kita, karena ini sekali lagi adalah hal yang sangat mendasar untuk bangsa kita, untuk rakyat kita," imbau Mendagri.

Lebih lanjut Mendagri menyampaikan, “Kita perlu sama-sama melihat tren kenaikan harga barang dan jasa, dimana saja kemudian komunitas apa saja yang perlu diintervensi khusus apalagi masih musim penghujan dan minggu depan sudah ramadan, “katanya. 

Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengingatkan kepada setiap pemerintah daerah untuk mewaspadai kenaikan harga pangan dan transportasi menjelang Ramadan. 

“Yang perlu kita antisipasi komoditas menjelang Ramadan ini yaitu daging sapi, daging ayam ras, cabai merah itu di 88 kota, dan juga sudah mulai transportasi, baik yang berhubungan dengan logistik maupun persiapan pulang kampung untuk yang mau lebaran,” ujarnya. 

Hadir mendampingi Bupati Pangandaran, Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala BKAD, Perwakilan Dandim dan Kapolres, serta jajaran lainnya.

Baca juga: Persib Berhasil Imbang 2-2 di Laga Kontra Persebaya

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait