Hadiri Panen Raya Buah Jambu Air, Wali Kota Banjar : Pemerintah Akan Siapkan Lahan Seluas 16 Hektare

News —Rabu, 29 Sep 2021 15:41
    Bagikan  
Hadiri Panen Raya Buah Jambu Air, Wali Kota Banjar : Pemerintah Akan Siapkan Lahan Seluas 16 Hektare
Hadiri Panen Raya Buah Jambu Air, Wali Kota Banjar : Pemerintah Akan Siapkan Lahan Seluas 16 Hektare/Yuhendi

BANJAR, POSTPANGANDARAN

Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih menghadiri pelaksanaan panen raya buah jambu air madu bersama Kelompok Tani Sukamaju Dusun Desa Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Ade menyampaikan, panen raya jambu air tersebut merupakan pengembangan kawasan agrowisata Langensari dengan memanfaatkan lahan kosong milik warga.,

"Dilahan warga terdapat 22 pohon jambu air madu, dari setiap pohonnya dapat menghasilkan sekitar 1 kuintal lebih dalam satu kali masa panen," kata Ade.

Menurut orang nomor satu di Kota Banjar itu, pohon jambu air madu yang sudah ditanam selama 7 tahun yang lalu sudah mulai bisa dipanen.

"Ini tentunya akan menunjang kawasan agrowisata yang kita kembangkan," sebutnya,

Kedepan, kata Ade, pihak Pemkot akan menyiapkan lahan seluas 16 hektare di bantaran sungai Citanduy untuk pengembangan agrowisata pertanian di Kota Banjar, Untuk itu, Ia mengajak kepada semua pihak untuk mengembangkan budidaya tanaman pangan di lokasi yang lain agar nantinya setiap Desa/Kelurahan memiliki komoditas unggulan masing-masing.

Baca juga: Pelaku Penganiayaan di Pangandaran Terancam Hukuman 7 Tahun Penjara

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Benarkah Pak Irfan Pelaku Aksi Teror yang Dialami Keluarga Alfahri?

"Kita sudah siapkan lahan 16 hektare untuk pengembangan agrowisata. Semoga tahun depan bisa terus bertambah dan bisa memberikan kontribusi pemenuhan kebutuhan buah-buahan di Kota Banjar," ungkapnya.

Ditempat yang sama, salah seorang anggota Kelompok Tani Sukamaju Hudori mengatakan, jumlah seluruh pohon jambu air madu yang dikembangkan Poktan saat ini sebanyak 32 pohon dengan luas lahan garapan seluas 90 bata.

"Dari jumlah 32 pohon tersebut sebanyak 22 pohon di antaranya sekarang sudah menghasilkan buah sampai melewati sebanyak 3 kali masa panen. Dari 22 pohon jambu air madu yang dihasilkan sekitar 1,3 ton," jelasnya.

Kedepan, kata dia, pihaknya berencana akan menambah luas lahan pengembangan budidaya perkebunan jambu air sekitar 270 bata dengan jumlah pohon yang akan ditanam yaitu sebanyak 70 pohon.

"Untuk bibit saya ambil dari Jakarta dan ada 3 jenis yang kami kembangkan. Rencananya nanti kami mau nanam lagi sekitar 70 pohon di lokasi lahan yang baru," katanya.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada kendala hanya saja dia meminta diberi fasilitas air untuk perawatan penyiraman pohon jambu air karena selama ini masih kesulitan. (Yuhendi)

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Kamis 30 September 2021, Virgo Butuh Moodboster, Leo Mulai Terbuka

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 29 September 2021, Aries Dapat Bonus, Sagitarius ada Percekcokan

Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait