Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Siap Runtuhkan Pertahanan Brunei Darussalam

Berita —Kamis, 12 Oct 2023 10:36
    Bagikan  
Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Siap Runtuhkan Pertahanan Brunei Darussalam
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (Foto: laman pssi)

POSTPANGANDARAN,-  Timnas Indonesia siap runtuhkan pertahanan Brunei Darussalam yang bretekad tampil bertahan total pada laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis 12 Oktober 2023.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam akan berlangsung dua leg. Pertandingan keduanya, Selasa 17 Oktober 2023.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong  ( STY) mengatakan,  laga Indonesia Vs Brunei tidak akan mudah, sebab  tim Tebuan, julukan Timnas Brunei Darussalam bertekad tampil bertahan total.

Lebih lanjut, pelatih berusia 54 tahun itu mengatakan walau bertahan total, tim lawan tetap akan cari peluang untuk melakukan serangan balk.

“Saya pun sudah tahu, pastinya lawan akan lebih ke bertahan dan dengan begitu mereka akan mau menyerang balik,” ujar Shin Tae, Rabu 11 Oktober 2023.

Oleh karena itu, kata Shin Tae-yong, para skuad tim Merah Putih tidak boleh kebobolan. Selain itu, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan harus tampil menyerang, dan bisa membobol pertahanan lawan.

“Kami pun sama tidak mau sama sekali kebobolan. Jadi saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk itu,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Shin Tae-yong juga memastikan anak didiknya bakal tampil maksimal. Dengan rencana Brunei Darussalam yang akan tampil bertahan.

Shin Tae-yong sekali lagi mengatakan anak didiknya siap tampil menyerang untuk memberikan ancaman, meruntuhkan pertahanan lawan dan mencetak banyak gol.

“Saya akan menunjukkan di lapangan besok bagaimana kita bisa meruntuhkan lini lawan dan bisa mencetak gol,” tuturnya.

Setelah itu, timnas Indonesia akan menjalani leg kedua bertandang ke markas Brunei Darussalam pada Selasa 17 Oktober 2023.

Apabila tim Merah Putih sukses mengunci dua kemenangan atas Brunei Darussalam, mereka memiliki peluang melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca juga: Ganjar Pranowo Berziarah ke Makam Syekh Abdul Muhyi Pamijahan

Di putaran kedua ini bakal bergabung dalam Grup F yang sudah dihuni oleh Vietanam, Irak, dan Filipina.

Raffael Struick Absen

Winger kiri timnas Indonesia, Rafael Struick dipastikan akan absen saat pertandingan leg perdana melawan Brunei Darussalam. Karena, masih menjalani pemulihan cedera yang didapatkan saat membela ADO Den Haag.

Kondisi ini membuat Shin Tae-yong harus berputar otak untuk meracik formasi terbaik. Jika melihat daftar pemain yang dipanggil, otomatis Indonesia hanya memiliki opsi Saddil Ramdani yang murni sebagai winger kiri.

Mengandalkan Saddil tentu jadi pilihan paling rasional bagi pelatih asal Korea Selatan ini. Terlebih dia cukup menunjukkan permainan yang solid saat membela Sabah FC sampai saat ini.

Pada Piala AFC 2023/2024, pemain berusia 24 tahun tersebut seolah memberikan sinyal bahwa dia siap diberikan tugas untuk mendapatkan posisi winger kiri.

Di Liga Malaysia, Saddil juga tidak kalah cemerlang. Berstatus pemain asing, pelatih Sabah FC, Ong Kim Swee mengandalkan penuh di sisi kiri penyerangan tim berjuluk The Rhinos tersebut.

Pada kompetisi musim lalu, dia bermain dalam 15 pertandingan bersama timnya tersebut. Bahkan, pemain yang mencatatkan 21 caps di timnas Indonesia ini tampil cukup meyakinkan. Dia menyumbangkan enam gol dan sembilan assist.

Kemampun Saddil dalam memberikan umpan jitu akan jadi alasan Shin Tae-yong untuk memainkannya di laga melawan Brunei Darussalam nanti.

Baca juga: DPD Partai Gerindra Jabar Usulkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo Subianto, Ini Alasannya

Editor: Admin s
    Bagikan  

Berita Terkait