Rekomendasi Kuliner Khas Pangandaran

Wisata —Kamis, 27 Oct 2022 16:33
    Bagikan  
Rekomendasi Kuliner Khas Pangandaran
Tulang Jambal.*(FOTO: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,- Pangandaran adalah suatu kota yang berada diantara pantai juga pegunungan. Kota ini adalah salah satu kota yang menjadi tujuan banyak pengunjung untuk berwisata. Baik wisatawan local Maupin internasional tertarik untuk menghabiskan waktu liburannya disini. \

Selain terkenal dengan wisatanya yang beragam, Pangandaran juga memiliki banyak kuliner yang bisa kamu cobain loh!

Kira-kira apa saja ya kuliner khas pangandaran yang wajib kamu cicipi?

1. Olahan Seafood

Di sekitar pantai terdaoat beberapa pedangan yang menjual seafood, seperti ikan kakap, kerang hingga cumi-cumi. Semua seafood yang dijual adalah olahan seafood yang masih segar karena ditangkap langsung oleh nelayan. Sebagian nelayan menjualmya langsung ke pedangan ikan hingga tidak membutuhkan wakrtu yang lama.

Kalau kamu ingin menikmati olahan seafood segar, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat di pinggir pantai Pangandaran. Harga jual mulai dari Rp.25.000 saja.

Baca juga: Benarkah Ruh Orang yang Sudah Meninggal Masih Ada di Rumah Selama 40 Hari?

2. Soto Pangandaran

Kuliner ini adalah salah satu makanan yang digemari oleh wisatawan. Menariknya, soto ini memiliki potongan daging dengan ukuran besar dan jumlah yang tidak sedikit pada setiap porsinya. Hal ini membuat tidak heran jika banyak yang menyukainya.

Isian pada soto ini sebenarnya hamper sama dengan soto pada umumnya, seperti daging ayam, tauge, bihun, taburan daun bawang, kacang, kerupuk merah dan bawang goreng. Kemudian semua bahan itu diberi kuah soto dengan rasa yang nikmat. Perbedaan dari soto Pagandaran dan soto lainnya yaitu, kerupuk merah yang ikut ditaburkan dalam penyajian soto ini. Kerupuk ini ternyata salah satu olahan dari ikan tuna.

3. Sate Galunggung

Sate Galunggung merupakan salah satu kuliner yang melegenda di Pangandaran. Sate ini sudah ada sejak tahun 70-an. Sate ini juga sangat terkenal di kalangan masyarakat dan wisatawan. Tersedia tiga jenis sate. Yaitu sate ikan, sate ayam dan sate kambing.

Bumbu yang digunakan sama seperti sate pada umumnya, yaitu bumbu kacang. Namun terdapat perpaduan dari bumbu rempah khas pada kacang tersebut. Pross memasak sate ini juga sama dengan sate pada umumnya yaitu dengan cara dibakar.

Baca juga: Resep Strawberry Cheesecake No Bake No Ribet

4. Tulang Jambal Roti

Rasa yang dominan dari tulang jambal roti itu adalah pedas. Proses memasak makanan ini dengan diberi cabai gendot dan diberi petai. Menu ini sangat nikmat jika disajikan dengan nasi putih yang masih hangat. Memakannya pun akan terasa lebih nikmat lagi apabila menggunakan tangan. Itu akan membuat daging-daging yang menempel pada tulang dapat dengan lebih mudah disantap. Sensasi rasa cabai yang pedas akan membuat siappaun yang menyantapnya bercucuran keringat.

5. Pindang Gunung

Pindang gunung punya cita rasa khas yang disukai banyak orang. Kuliner ini banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran. Penyajian makanan ini biasanya dengan sup atau adalah jenis sup ikan berkuah yang dimana kuahnya dibumbui dengan bumbu khas daerah sunda.

Bumbu khas yang digunakan untuk memberikan sentuhan cita rasa sunda disini yaitu buah kantan atau kecombreng yang orang sunda menebutnya Honje serta daun kedondong yang digunakan sebagai penyedap. Rempah-rempah ini yang membuat kuah pada sup terasa segar dan sedikit asam.

6. Dawet Pangandaran

Dawet Pangandaran merupakan minuman yang terbuat dari cincau hitam atau ketan hotam yang diberi gula arena ng sudah dicairkan dengan santan kelapa. Kemudian diberi tambahan es serut segar. Minuman ini cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang panas hingga kamu akan merasakan kesegaran dari minuman ini. Dawet ini memang ada di daerah lain di Indonesia, namun dawet di setiap daerah memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Perbedaan dawet di daerah lain yaitu penggunaan gula aren, karena biasanya hanya akan memakai gula jawa. Dawet ini dikenal dengan sebutan Dawet Dawala. Warna hitam pada ketan bersumber dari abu yang merupakan serbuk hasil pembakaran batang padi yang melalui proses pengolahan dengan aroma yang wangi dan tekstur lembut.

Itulah beberapa makanan khas Pangandaran yang wajib kamu coba!

Baca juga: Mengenal Komunitas GSX Community Nusantara

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait