Pernah Coba Makanan Khas Pangandaran Ini?

Kuliner —Senin, 22 Aug 2022 12:57
    Bagikan  
Pernah Coba Makanan Khas Pangandaran Ini?
Sate Galunggung.*(FOTO: Instagram @pangandaran_eatry)

POSTPANGANDARAN,- Saat berwisata ke Pangandaran, jangan sampai terlewatkan makanan-makanan khas dari pangandaran yang populer.  Berikut ada dua makanan khas Pangandaran yang bisa kita coba.

Soto Khas Pangandaran

Soto yang kalian ketahui mungkin Soto Madura atau Solo Lamongan dari Jawa Timur.  Tetapi di daerah Jawa Barat, Pangandaran juga ternyata memiliki soto sendiri yang memiliki rasa unik dan memiliki perbedaan.

Perbedaannya adalah adanya potongan daging dengan ukuran yang cukup besar serta jumlah melimpah di setiap porsinya.  Selain itu juga memiliki kuah yang cukup bening berwarna kuning yang menjadi ciri khas tersendiri. 

Baca juga: Terinspirasi Kisah Nyata, Sayap Sayap Patah Angkat Tragedi di Tahun 2018

Yang spesial adalah kerupuk merah yang ikut ditaburkan dalam penyajian kuliner khas satu ini. Kerupuk merah tersebut merupakan salah satu olahan ikan tuna yang dikembangkan oleh masyarakat lokal.  Untuk isinya sendiri hampir  mirip-mirip dengan soto lainnya yaitu ada daging ayam, tauge, mie bihun, taburan daun bawang, kacang, kerupuk merah, dan bawang goreng.

Sate Galunggung

Sate ini sudah ada sejak tahun 70 an yang lalu.  Jadi merupakan makanan yang sudah sepuh di Pangandaran. Awalnya nama makanan ini berasal dari kedai makanan yang berada di Pangandaran, yang kini tempat makan tersebut telah dikelola oleh cucu dari pendahulunya.

Tidak hanya ada sate ayam atau kambing, di sini juga ada sate ikan. Pangandaran terkenal sebagai daerah pesisir, jadi ada juga olahan dari lautnya yang diinovasikan menjadi sate.

Sate Galunggung ini memiliki bumbu kacang yang sama dengan sate lainnya tetapi ditambahkan rempah khas dari tanah sunda.  Makanan ini cocok juga dinikmati dengan lontong atau nasi sesuai dengan selera.* (RENALDI)

Baca juga: Terinspirasi Kisah Nyata, Sayap Sayap Patah Angkat Tragedi di Tahun 2018

 

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait