Buah Tangan yang Bisa Dibeli Saat Liburan ke Pangandaran

Wisata —Rabu, 31 Aug 2022 13:41
    Bagikan  
Buah Tangan yang Bisa Dibeli Saat Liburan ke Pangandaran
Noga Kacang.*(FOTO: Instagram @jajanangarut)


POSTPANGANDARAN,- Kala mendengar nama Pangandaran tentu akan langsung terbayang keindahan dari pantainya.  Pangandaran sudah dikenal sebagai salah satu pantai daerah Jawa Barat yang ramai pengunjung saat musim liburan tiba.

Tetapi setelah berlibur ke Pangandaran, tidak boleh lupa membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk saudara atau kerabat sebagai tanda berbagi kebahagiaan dan kesenangan.  Apa saja yang bisa menjadi buah tangan dari Pangandaran?

Jambal roti

Seafood menjadi salah satu yang harus dibeli.  Salah satunya adalah ikan asin jambal roti, karena hampir setiap warung yang buka menggantung olahan asinan jambal roti. Ikan asin segar yang berasal dari ikan besar laut tanpa bahan pengawet.  Oleh-oleh ini menjadi salah satu buah tangan yang wajib dibawa ketika pulang dari Pangandaran. Untuk harganya,  satu ikan jambal roti dibandrol dengan harga mulai Rp 30 ribu sampai Rp 125 ribu per iket dan per kemasannya. Ada yang berisi 3 sampai 10 ikan.

Noga

Ada dua varian noga yang menjadi oleh-oleh khas Pangandaran, yaitu noga kacang dan noga kelapa. Noga kacang memiliki rasa yang manis dan gurih.  Proses pembuatannya dengan menggoreng kacang tanah lalu dicampur ke dalam adonan gula merah.  Selain untuk camilan cocok juga diolah menjadi sambal kacang.

Baca juga: Pantai Karapyak, Suguhkan Pemandangan Eksotis dengan Hamparan Pasir Putih

Sementara noga kelapa memiliki bahan utama kelapa dan rasa jahe yang mantap dengan aroma yang harum dan memberi kehangatan pada badan. Cara pembuatan dengan menyiapkan parutan kelapa lalu dicampurkan dengan jahe secukupnya.  Kemudian ditambah gula supaya semakin legit dan manis.

Opak

Kerupuk opak merupakan salah satu camilan yang populer di Jawa Barat, termasuk juga Pangandaran. Bahan dasarnya dari beras ketan serta santan dan garam secukupnya. Beras ketan yang sudah dimasak bersama santan, kemudian ditambah garam dan dicampur kelapa parut serta diaduk hingga lembut dan tercampur rata.

Opak memiliki tekstur renyah dan rasa gurih. Cocok dimakan sebagai pelengkap saat makan atau saat berbincang santai dengan keluarga dan teman-teman.

Oleh-oleh mana yang jadi pilihanmu?* (RENALDI)

Baca juga: Gerakan Menanamkan Nilai Kebangsaan Harus Mendapat Dukungan Beragam Kalangan

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait