Duh! Separuh Badan Kapal Tongkang yang Kandas Terendam

News —Jumat, 27 Aug 2021 16:09
    Bagikan  
Duh! Separuh Badan Kapal Tongkang yang Kandas Terendam
Duh! Separuh Badan Kapal Tongkang yang Kandas Terendam/Deni

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Kapal tongkang yang kandas di perairan pantai Bojongsalawe, Desa Kalangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat akhirnya terendam hingga setengah badan.

Kini, keberadaan posisi kapal tongkang itu sudah mulai miring dan separuh badannya terendam air laut. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kapal tongkang CBS 005 memiliki bobot 1.360 GT. Sedangkan kapal penariknya yaitu tugboat KNK Persada XV 199 Gross Tonase (GT) mengalami kerusakan pada bagian baling-baling.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pangandaran Nana Rodiana menyebutkan, kandasnya kapal tongkang ke tepi pantai Bojongsalawe di saat cuaca ekstrem dinilai sudah tepat.

"Pada waktu cuaca ekstrem kapal tongkang itu menepi, jika waktu itu bertahan di lokasi pelabuhan, fasilitas yang ada di dermaga bisa rusak," kata Nana.

Baca juga: Uniknya Pantai Batu Payung Lombok, Pemandangan Surga dengan Pantai Pasir Putih yang Cantik

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Aldebaran Takut Posisinya Tergantikan Nino, Andin Lakukan Ini!

Menurutnya, jika kapal tongkang dilepas begitu saja ke tengah laut akan berisiko besar karena membahayakan dan potensi terjadi korban jiwa bagi nelayan atau kapal lainnya yang sedang beroperasi di tengah laut.

"Waktu kapal tongkang hendak merapat ke dermaga, kondisi alun dan gelombang serta angin masih normal, tetapi secara tiba-tiba cuaca kurang mendukung," ucapnya.

Waktu itu, sambung Nana, kapal tugboat berusaha mempertahankan kapal tongkang, tetapi tidak kuat dan akhirnya kandas di tepi pantai tidak jauh dari dermaga.

"Kami sudah melaporkan insiden tersebut ke Pemerintah Pusat agar pelaksanaan proyek pemecah gelombang berjalan lancar," jelasnya.

Nana menerangkan, kondisi cuaca dan keselamatan harus di perhatikan, karena kondisi cuaca saat ini sering berubah.

"Kami akan terus pantau cuaca setiap proses pekerjaan pemasangan pemecah ombak di pantai barat Pangandaran," tukasnya. (Deni)

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Sabtu 28 Agustus 2021, Cancer hadapi dengan Senyuman, Leo Ada Godaan

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 27 Agustus 2021, Sagitarius Ingat Mantan, Leo Bersenang-senang

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait