Situ Cisanti, Wisata Murah Meriah di Kabupaten Bandung

Berita —Jumat, 16 Sep 2022 11:43
    Bagikan  
Situ Cisanti, Wisata Murah Meriah di Kabupaten Bandung
Situ Cisanti.* (FOTO: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,- Bandung memiliki banyak tempat wisata alam yang memesona. Salah satunya adalah Situ Cisanti yang terletak di ujung selatan Bandung.  Situ Cisanti terletak di Tarumajaya, Kertasari, Bandung, Jawa Barat.

Situ Cisanti merupakan danau buatan yang menampung air dari 7 mata air utama Sungai Citarum. Yakni mata air Pangsiraman, Cikolebere, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisadana, Cihaniwung, dan Cisanti.

Mitosnya kawasan Cisanti merupakan tempat petilasan Sembah Dalem Dipati Ukur yang merupakan tokoh sejarah Sunda. Ia adalah Wedana para Bupati Priangan bawahan Mataram yang ikut memimpin sebuah pasukan besar untuk menyerang Belanda di Batavia tahun 1628. Mitos lain yang berkembang adalah 7 mata air di Situ Cisanti dikenal dengan Mastaka Citarum atau Kepala Citarum. Mata air tersebut juga memiliki kesaktian salah satunya adalah enteng jodoh, kekayaan dan jabatan.

Baca juga: Gomax Adventure, Komunitas Ojek Online Komitmen Pada Kegiatan Sosial Kemasyarakatan

Kalau berangkat dari Baleendah Bandung, bisa melalui Jalan Raya Laswi arah Majalaya, lalu belok kanan ke arah Jalan Raya Pacet. Perhatikan arah jalan untuk tetap lurus hingga ujung jalan dan menemukan petujuk arah ke tempat wisata. Jalan yang dilalui sangat khas dengan rute jalan ke pegununugan.

Ada tanjakan curam dan berkelok. Namun pemandangan dengan ladang dan kebuh teh yang hijau memanjakan mata dan menenangkan hati sepanjang perjalanan. Setibanya di Kawasan Situ Cisanti. Suasana sejuk dan asri menyambut pandangan mata. Rasanya semangat dan antusias untuk segera memasuki kawasan lebih jauh lagi. Oh iya, harga tiket terbilang murah, perorang hanya membayar Rp5 ribu dan Rp4 ribu untuk retribusi kendaraan motor. Wisata yang cocok untuk anggaran terbatas, bisa wisata namun ramah di kantong. Irit ya? Namun, harga ini mungkin saja sewaktu-waktu bisa berubah.

Setelah melangkah lebih jauh ke area kawasan, terlihat indahnya pemandangan Situ Cisanti yang tidak diragukan lagi. Danau menghampar dengan ikan-ikan yang terlihat jelas berenang di dalam danau. Dari Situ Cisanti ini, kita juga bisa melihat pemandangan Gunung Wayang Windu.

Baca juga: Merek Motor Buatan Indonesia, Ini Daftarnya

Selepas lelah mengelilingi wisata Situ Cisanti, kita juga bisa bersantai ria, menikmati kopi dan teh di warung yang ada di depan tempat wisata ini. Untuk berdiam dan menikmati keindahannya, tersedia beberapa bangku di pinggiran danau yang sengaja dibuat.

Sebagai tips, untuk menikmati Situ Cisanti ini alangkah baiknya jika datang pada pagi atau sore hari. Meski suasananya asri di tengah dedaunan yang rimbun, namun panas matahari tak terelakan, terik rasanya.

Coba berkunjung yu! Wisata alam yang murah meriah, aman di kantong, semua pun senang.* (RESTIYAN NINGSIH)

Baca juga: Noktah Merah Perkawinan Tayang di Bioskop, Ini Sinopsisnya

Editor: Ajay
								
    Bagikan  

Berita Terkait