Merek Motor Buatan Indonesia, Ini Daftarnya

Berita —Jumat, 16 Sep 2022 11:31
    Bagikan  
Merek Motor Buatan Indonesia, Ini Daftarnya
Motor Viar.*(FOTO: Pinterest)

Merek Motor Buatan Indonesia, Ini Daftarnya

 

POSTPANGANDARAN,-Banyak motor buatan Indonesia sudah mengaspal di jalanan, dan mempunyai kualitas yang tidak kalah dari produk-produk buatan luar. Berikut merk motor buatan Indonesia:

Viar

Motor ini mempunyai pabrik yang berpusat di Semarang,Jawa Tengah. Viar telah memproduksi motor jenis adventure, motor touring, dan juga motor listrik.  Tapi Viar terkenal karena motor roda tiganya yang sudah terkenal di pasaran Indonesia. Untuk harga, motor Viar berada di kisaran Rp 8 hingga 43 jutaan. Meskipun sudah termasuk motor Indonesia tapi Viar masih mengimpor komponen dari negara lain.

Kaisar

Selanjutnya ada PT Kaisar Motorindo Industri, pabrik motor ini terkenal juga dengan motor roda tiganya sama seperti Viar.  Namun Kaisar juga memiliki motor cakep yang gagah yang sekilas mirip Harley Davidson yang diberi nama Ruby V250 harganya sekitar 34 JutaUntuk harga roda tiganya dijual dari harga Rp24-39 jutaan.

Motor Kaisar.*(FOTO: Pinterest)

Baca juga: Noktah Merah Perkawinan Tayang di Bioskop, Ini Sinopsisnya

Gesits

Motor kolaborasi antara Garasindo dengan Institut Teknologi Surabaya ini memproduksi motor listrik. Motor ini pernah dicoba oleh Presiden Jokowi. Soal kualitas, tidak diragukan lagi.Motor ini tidak kalah dengan motor listrik yang sudah dijual di pasaran. Motor karya anak bangsa ini bisa menempuh jarak 50 km jika menggunakan batere tunggal dan 100 km jika menggunakan batere double. Harga motor Gesits ini sekitar Rp 28 juta.

Motor Gesits.*(FOTO: Pinterest)

Gazgas

  1. Gazgas Indonesia resmi berdiri sekitar tahun 2014 lalu dan memproduksi motor trail atau jenis off-road dan motor mini. Pabriknya berada Pasuruan, Jawa Timur.Sudah ada banyak motor yang dikeluarkan Gazgas dari yang berkapasitas 150cc hingga 450cc untuk motor trail dan untuk motor mini ada Gazgas GX 50cc, Raptor 100cc dan Raptor Pro Series.

Tapi yang menjadi motor andalan Gazgas adalah motor Gazgas GXE 450 Supermoto Edition yang termasuk jenis motor trail yang keren dilengkapi dengan 4 tak SOHC. Tapi ternyata Gazgas juga kini sudah memasuki sektor motor klasik dan sudah merilis Gazgas Monkey, Gazgas Gorilla dan Gazgaz Gazello 125cc, Keren banget kan PT Gazgas Indonesia iniSoal Harga, Gazgas menjual motornya dari kisaran Rp 8,7 hingga 155,5 juta rupiah.

Motor Gazgas.*(FOTO: Pinterest)

SOIB

Merk motor ini sudah ada dari tahun 2008 oleh Hobby Motor. Namanya diambil dari kata “Sohib” atau “Sahabat”. SOIB telah merilis 2 varian motor yakni racer dan adventure yang bergaya Eropa retro elegan khas motor tahun 1970-an karena mengadopsi teknologi dari Prancis. Untuk varian racer memiliki mesin 397,2cc dan yang adventure cocok untuk orang penjelajah.   Soal harga, SOIB Racer 400 dijual sekitar Rp 80-90 jutaan.  Harga ini relatifmurah untuk motor bermesin 400cc.  Cocok untuk kawula muda yang ingin motor jadul.

Motor Soib.*(FOTO: Pinterest)

Itulah beberapa motor asli buatan anak bangsa yang patut kita banggakan.* (RENALDI)

Baca juga: Minuman Kaya Rempah untuk Kesehatan

Editor: Ajay
								
    Bagikan  

Berita Terkait