Obyek Wisata Situwangi Jadi Kawasan Ekowisata

Berita —Kamis, 24 Feb 2022 19:10
    Bagikan  
Obyek Wisata Situwangi Jadi Kawasan Ekowisata
(FOTO: Biro Adpim Jabar)

POSTPANGANDARAN (KABUPATEN CIAMIS),- Obyek wisata Situwangi, di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, telah direvitalisasi.  Kini, situ seluas 5 hektar tersebut tak hanya punya fungsi ekologi, tapi juga sosial yang bernilai ekonomi yakni ekowisata. 

Perubahan Situwangi begitu kentara. Sebelum direvitalisasi, Situwangi hanya digunakan untuk irigasi sawah dan aktivitas memancing warga. Kini sejumlah fasilitas hadir seperti jalur pejalan kaki, menara pandang, fasilitas olahraga, area pertunjukan seni, tugu macan, gazebo, restoran hingga untuk resepsi pernikahan luar ruangan.  

Revitalisasi Situwangi dirancang oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan proses pengerjaan selama tujuh bulan.  Biaya revitalisasi ini bersumber dari APBD Jabar.

Baca juga: Pantai Sayang Heulang Tampil Lebih Cantik

"Ini aspirasi warga.  Waktu dulu saya datang ke sini, lalu saya pikirkan revitalisasinya.  Memang yang namanya ekologis harus punya fungsi sosial juga untuk meningkatkan kebahagiaan dan ekonomi khususnya pariwisata," ujar Kang Emil.

Kang Emil meyakini, Situwangi akan menjadi destinasi wisata terbaik di Ciamis. Apalagi kedepannya, pihaknya akan menambah fasilitas perahu berukuran besar dan penyediaan homestay. Pelebaran jalan masuk juga akan dilakukan oleh Pemkab Ciamis agar kendaraan besar seperti bus bisa terfasilitasi.* (TISHA S. KANILAH)

Baca juga: Ini Daftar Pemain Muda Indonesia yang Bermain untuk Klub Luar Negeri

Editor: Seni
								
    Bagikan  

Berita Terkait