Tempat Wisata, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur

Wisata —Kamis, 3 Jun 2021 16:22
    Bagikan  
Tempat Wisata, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur
pinterest

PANGANDARAN, POSTPANGANDARAN

Dari sebelah timur Indonesia, tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur terdapat sebuah desa bernama Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari 9 desa yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Menurut sejarah, Labuan berasal dari kata labuhan yaitu desa yang dijadikan tempat berlabuh bagi orang-orang yang berasal dari Bajo dan Bugis Sulawesi Selatan. Akhirnya desa ini kemudian disebut Labuan Bajo.

Dengan eksotismenya, Labuan Bajo menjadi destinasi wisata yang bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Menjadi destinasi wisata, Labuan Bajo kemudian menjadi ibukota Kabupaten Manggarai Timur dengan fasilitas transportasi dermaga, pelabuhan bahkan bandar udara.Indonesia sebagai negara kepulauan, tentunya memiliki berbagai macam tempat wisata yang memukau tak terkecuali di bagian timur Indonesia. Salah satu tempat indah yang wajib dikunjungi adalah  Labuan Bajo. Apakah Anda masih bertanya Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari 9 desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo berada di ujung paling barat pulau Flores.

Wilayah Labuan Bajo meliputi: Kampung Ujung, Kampung Tengah, Kampung Air, Lamtoro, Wae Kelambu, Wae Medu, Cowang Dereng, Wae Kesambi, Wae Bo, Lancang, Sernaru, Wae Mata, Pasar Baru, Pede, dan Gorontalo.

Baca juga: Pemerintah Resmi Tak Berangkatkan Haji Tahun 2021, Ini Alasanya

Labuan Bajo memiliki banyak sekali obyek wisata. Bisa dikatakan sebenarnya hampir setiap meter wilayahnya memiliki keindahan dan keunikan. Betapa tidak, Labuan Bajo memang pulau kecil yang menghubungkan seluruh keindahan mulai dari pantai, laut, bukit serta padang rumput. Bahkan terdapat sebuah desa yang unik dengan kelestarian adat istiadatnya yang masih terjaga hingga sekarang.

Obyek-obyek wisata yang terkenal antara lain Pulau Komodo, Pantai Pink, Manta Point, Pulau kecil seperti kanawa, loh liang, air terjun bahkan goa pun terdapat di Labuan Bajo. Yang paling terkenal diantara semuanya adalah Pulau Komodo. Pulau Komodo disebut demikian oleh karena keberadaan hewan komodo. Hewan ini merupakan satu-satunya yang selamat setelah dahulu kala terjadi letusan gunung Krakatau yang menyebabkan terjadinya tsunami. Dengan keberadaannya yang lengendaris, hewan ini merupakan salah satu hewan yang dilestarikan. Begitu juga Pulau Komodo menjadi Taman Nasional yang diterima sebagai kategori situs warisan dunia oleh badan perserikatan bangsa-bangsa yaitu UNESCO.

Selain Pulau Komodo, yang juga terkenal adalah Pantai Pink dan Manta Point. Pantai pink adalah pantai dengan pasir yang berwarna pink yang menarik dan unik pemandangannya sedangkan Manta Point adalah patung yang terdapat didasar salah satu pantai di Labuan Bajo yang menjadi salah satu spot diving yang juga memiliki keunikan.

Demikian ulasan mengenai sejarah Labuan Bajo. Keberadaannya yang eksotis memang menggiurkan untuk dikunjung.

 

 


Editor: Rony
    Bagikan  

Berita Terkait