Gempa Bumi 5.5 SR Guncang Pangandaran, Kantor KUA Cipatujah Ambruk

Berita —Jumat, 29 Dec 2023 11:02
    Bagikan  
Gempa Bumi 5.5 SR Guncang Pangandaran, Kantor KUA Cipatujah Ambruk
Gempa Bumi 5.5 SR Guncang Pangandaran, Kantor KUA Cipatujah Ambruk (ist)

POSTPANGANDARAN.COM -  Gempa bumi yang mengguncang wilayah Pangandaran pada Kamis (28/12/2023) pagi sekitar pukul pukul 05 43 WIB, terasa hingga wilayah kota, Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut ada di koordinat 811 Lintang Selatan dan 107.89 BT, berada dilaut dengan jarak 80 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, pada kedalaman 14 km.

Gempa bumi yang memiliki kekuatan 5.5 SR itu membuat ambruk dinding rumah warga bernama Abudin (40) warga Kampung Cicurug RT23/RW 03, Desa Sukarasa, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya dan Kantor KUA Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya Nuraedudin membenarkan gempa bumi yang terjadi pagi tadi telah membuat ambruk dinding rumah milik Abudin dan kantor KUA Ciatujah Kabupaten Tasikmalaya.

“Alhamdulillah atas kejadian gempa bumi tidak menimbukkan korban jiwa,” ucapnya.

Menurut Nuraedidin Getaran dari guncangan gempa bumi ini dirasakan di sejumlah wilayah di Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Getaran dengan skala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
Kata dia, masyarakat diminta agar terap waspada dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa serta upayakan di musim kemarau ini agar selalu waspada akibat cuaca ekrim yang sedang melanda wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya.

“Kita tetap melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah setempat dalam hal ini kecamatan dan para relawan BPBD yang berada di masing-masing desa, Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya,” pungkasnya. 

Baca juga: 9 Menu Ide Bakaran Tahun Baru 2024, Lezat dan Praktis

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait