Ini Dia Jenis Lobster Mahal yang Hidup di Perairan Indonesia

Kuliner —Jumat, 7 May 2021 09:51
    Bagikan  
Ini Dia Jenis Lobster Mahal yang Hidup di Perairan Indonesia
Lobster mutiara menjadi salah satu lobster favorit dan termahal di Indonesia. Untuk harga, lobster ini dibanderol sekitar Rp1 juta per kilogramnya. (Foto: Istimewa)

DEPOSTPANGANDARAN

Jika bicara soal lobster, siapa yang tak tahu dengan biota laut satu ini. Lobster merupakan salah satu hewan air yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi, karena bisa dijadikan sebagai hewan hias atau hewan konsumsi untuk manusia.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang memiliki potensi komoditi laut yang berlimpah. Indonesia bahkan diklaim sebagai negara penghasil benih lobster terbesar di dunia.

Untuk jenis lobsternya pun tentu sangat beragam. Bahkan beberapa diantaranya tergolong ke dalam kategori lobster yang langka dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, dan berikut 5 jenis lobster yang hidup di perairan dengan nilai jual yang cukup tinggi di Indonesia.

Baca juga: Wakapolda Jabar Pantau Posko Penyekatan di Cibenda Sukabumi

Lobster Mutiara

Lobster Mutiara, memiliki tekstur daging yang lembut dengan sensasi rasa gurih yang cukup kuat, tak heran jika lobster mutiara ini menjadi salah satu lobster favorit dan termahal di Indonesia. Untuk harga lobster berwarna hijau dengan totol putih ini dibanderol sekitar Rp1 juta per kilogramnya.

Bahkan menurut penjelasan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti, Lobster Mutiara dengan berat sekira 1,2 sampai 1,4 kilogram bisa dihargai minimal Rp5 juta per kilogramnya.

Baca juga: Petugas Gabungan di Cilacap Gelar Penyekatan Larangan Mudik di Perbatasan Jateng-Jabar

Lobster Bambu

Nama lobster yang satu ini diambil dari warnanya yang hijau seperti bambu. Di beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan nama lobster hijau.

Lobster Bambu sangat mudah ditemui di Aceh, Sumatra Barat, Manado, Makassar hingga Jawa Barat. Harga jualnya berkisar antara Rp500 ribu-Rp750 ribuan.

Baca juga: Sinetron Ikatan Cinta Jumat 7 Mei 2021, Gawat Elsa Lukai Aldebaran Takut Kebohonganya Terbongkar

Lobster Pakistan

Namanya mungkin terdengar mewah karena berasal dari negara di Asia Selatan. Tapi siapa sangka lobster ini ternyata bisa ditemui di perairan Jawa Timur, seperti Lamongan. Di pasaran, harga jualnya berkisar Rp350 ribu-Rp750 ribu per kilogram.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 7 Mei 2021, Virgo Butuh Kepastian, Sagitarius Merasa Simpatik

Lobster Pasir

Jenis lobster lain yang sering dijumpai di perairan Indonesia adalah Lobster Pasir (Panulirus Homalus). Lobster ini pun kini mulai dibudidayakan para nelayan karena memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk satu ekor lobster pasir dengan berat 1.000 gram dibanderol sekitar Rp700 ribu dalam kondisi hidup atau masih segar.

Baca juga: Tradisi Rutin Bulan Ramadhan, Club Motor di Pangandaran Berbagi Takjil Gratis

Lobster Kipas

Dan yang terakhir adalah lobster kipas. Lobster ini hidup di perairan dangkal atau pesisir pantai. Untuk harga jualnya Lobster Kipas ini relatif rendah dan bisa dipesan di beberapa e-commerce yang ada di Indonesia. Kisaran harga dari lobster ini mulai Rp100 ribuan - Rp250 ribuan saja. Meski harganya tidak semahal jenis-jenis lobster di atas, namun cita rasa dari dagingnya tidak kalah lezat dengan jenis lobster dengan haga lebih mahal. (EK)

Baca juga: Ini Dia Jenis Lobster Mahal yang Hidup di Perairan Indonesia

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait