Inilah Keunggulan dari Bunga Matahari yang Tidak Banyak Diketahui

Hiburan —Selasa, 22 Aug 2023 13:42
    Bagikan  
Inilah Keunggulan dari Bunga Matahari yang Tidak Banyak Diketahui
Ilustrasi bunga matahari. (Unsplash / @aarronburden)

POSTPANGANDARAN,- Banyak sekali orang yang menyukai bunga matahari. Selain memiliki warna yang cerah bunga ini juga sangat indah dengan bentuknya yang menyerupai matahari.
Bahkan, banyak sekali orang yang acap kali berfoto dengan bunga matahari karena bunga nya yang sangat cantik dan Instagramable.
Bunga matahari juga dikenal sebagai bunga yang identik dengan rasa bahagia, sehingga bisa menjadi hadiah yang sempurna untuk menyampaikan harapan atas hadirnya hari yang membawa kebahagiaan bagi seseorang.
Bunga matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap atau condong ke arah matahari atau heliotropisme.
Mengutip dari berbagai sumber, orang Prancis menyebut bunga matahari sebagai tournesol atau "pengelana matahari". Namun, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.
Beberapa bunga dapat diolah menjadi makanan atau minuman yang enak dan bergizi.
Selain itu, bunga sering digunakan sebagai dekorasi dalam hidangan mewah, menambahkan nilai estetika dan citarasa pada hidangan.
Bunga bukan hanya untuk dilihat dan dirasakan keindahannya, tetapi juga dimanfaatkan dalam industri makanan.
Bunga matahari melambangkan loyalitas atau kesetiaan karena tumbuhan ini selalu mengikuti arah matahari. Setiap pagi, menghadap ke sisi timur mengikuti arah matahari sinar matahari dan kehangatan mendorong bunga untuk mekar hingga menghasilkan serbuk sari lebih cepat daripada bunga yang menghadap ke barat.

Baca juga: Ide Jualan Snack, Resep Tahu Isi Ayam Jeletot yang Mantap


Bunga matahari mengandung banyak vitamin dan mineral penting bagi tubuh.
Biji bunga matahari mengandung protein, karbohidrat, serat, serta lemak. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, asam folat, magnesium, seng, tembaga, fosfor, dan zat besi.
Budaya China menganggap bunga matahari sebagai simbol umur panjang.
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), Seperempat cangkir biji bunga matahari panggang kering tanpa garam mengandung:

• Kalori: 207
• Protein: 5,8 gram
• Lemak: 19 gram
• Karbohidrat: 7 gram
• Serta 3,9 gram
Biji bunga matahari tinggi akan vitamin E dan selenium. Ini berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang berperan dalam beberapa penyakit kronis.

Baca juga: Exco PSSI Sayangkan Terjadinya Kerusuhan Suporter di Stadion Jatidiri Semarang

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait