Begini Cara Membangun Hubungan Sosial yang Baik dengan Orang Lain

Pendidikan —Senin, 3 Oct 2022 14:16
    Bagikan  
Begini Cara Membangun Hubungan Sosial yang Baik dengan Orang Lain
Foto: Lang

POSTPANGANDARAN,- Bagi sebagian orang, membangun sebuah hubungan sosial mungkin tidaklah mudah. Bisa jadi ini diakibatkan oleh adanya rasa canggung, ditolak, atau merasa tidak percaya diri yang menyebabkan seseorang jadi kurang “luwes” dalam menjalin hubungan sosial.

Setiap hubungan semestinya saling mendukung satu sama lain. Kenyataannya, tidak semua hubungan saling mendukung, bahkan keluarga sekalipun. Namun, setiap orang memerlukan hubungan yang sehat dan mendukung karena bisa menurunkan stres dan meningkatkan kesehatanmu.

Tak peduli apakah Anda ingin menjalin hubungan dengan orang lain secara sosial, membuat kesan pertama yang baik, atau membangun koneksi untuk pekerjaan, mencari cara untuk menjalin ikatan dengan orang lain awalnya bisa sedikit mengintimidasi. Namun, jika Anda fokus menunjukkan bahwa Anda benar-benar memedulikan lawan bicara Anda, membuat pembicaraan yang berarti, atau berusaha membuat orang lain merasa nyaman, Anda akan mampu menjalin hubungan dengan siapa pun tanpa halangan.

Jujur dan Terbuka
Sekedar basa basi saja seringkali membuat hubungan sosialmu hanya berada di level yang sama. Jika kamu ingin meningkatkan hubungan sosial, hindari memberikan tanggapan yang hanya sekedar basa basi dan terlalu fokus untuk menyenangkan hati orang lain. Terkadang jujur memang tidak menyenangkan di hati orang lain, namun mereka pasti akan mengerti bahwa kamu peduli.

Misalnya, jika hasil kerja temanmu kurang maksimal, maka kamu sebaiknya jujur padanya, agar ia bisa memperbaiki kesalahan dan hasil pekerjaannya. Dan berikan apresiasi pada rekan kerjamu sesuai porsinya, tidak melebih- lebihkan atau tidak memberi pujian sama sekali atas hasil kerja mereka.

Baca juga: Cara Herbal Mengeluarkan Lendir dan Dahak dari Tubuh

Dengan begitu, rekan kerjamu akan merasa bahwa kamu peduli dan menghargai mereka.

Jadi Pendengar yang Baik
Ada saatnya orang lain mengalami masalah dan membutuhkan teman untuk curhat dan mendengarkan semua unek- unek atau keluh kesahnya. Kamu bisa menjadi pendengar yang baik bagi mereka untuk sekedar meringankan beban yang sedang dialami.

Posisikan dirimu sebagai pendengar yang baik dan aktif dengan memberikan saran ketika rekan kerja memintanya. Namun, tak selalu orang lain yang sedang dalam masalah membutuhkan solusi darimu, ada kalanya mereka hanya ingin didengarkan atau butuh teman cerita.

Bergabung dengan komunitas

Punya ketertarikan pada suatu hal? Temukan komunitasnya dan bergabunglah. Jika Anda seorang Public Relations, Anda bisa mencari komunitas Public Relations dan menjadi bagian darinya. Selain bisa mendapatkan berbagai ilmu baru, tentu akan memperluas jaringan sosial Anda. Tak hanya itu, kesempatan untuk bernteraksi dengan banyak orang pun bisa diperoleh di sini. Bahkan, bisa jadi Anda akan mendapatkan sahabat baru dari komunitas ini.

Baca juga: Serap Aspirasi AP2SI Jabar

Latih Kemampuan Komunikasi
Komunikasi merupakan soft skill yang bisa diasah, asalkan kamu berani untuk membuka diri dalam sebuah obrolan dan mau menjalin pertemanan. Memiliki komunikasi yang baik dengan orang lain penting dilakukan, terutama agar kamu lebih memahami dan menerima kepribadiannya.

Luangkan waktu sejenak untuk mengobrol dan bertukar cerita dengan orang lain. Jangan lupa, untuk selalu berikan senyuman dan sapa mereka sambil berusaha mengasah kemampuan.

Saling Tolong Menolong
Memiliki inisiatif untuk menolong bisa menjadi salah satu cara agar dapat menjalin hubungan sosial yang baik dengan rekan kerjamu di kantor. Berikan bantuan pada orang lain yang sedang membutuhkan, tentunya tanpa ada rasa pamrih atau ingin dibalas.

Misalya, ketika salah satu rekan kerjamu sedang dikejar deadline pekerjaan, kamu bisa memberikan bantuan untuk meringankan beban mereka. Atau saat salah satu rekan kerja sedang menunggu transportasi, kamu bisa mengajaknya pulang bersama.

Baca juga: Creepypasta, Rumah Sakit Terbengkalai


Editor: Ajay
								
    Bagikan  

Berita Terkait