75 Tahun British Council: Suara Angklung Ridwan Kamil Kuatkan Hubungan Kerja Sama

Berita —Kamis, 2 Mar 2023 14:08
    Bagikan  
75 Tahun British Council: Suara Angklung Ridwan Kamil Kuatkan Hubungan Kerja Sama
foto: jabarprov.go.id

POSTPANGANDARAN, KOTA BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri peringatan 75 tahun British Council di Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan, Kota Bandung, Kamis (2/3/2023). 

Momen peringatan 75 Tahun di Indonesia, British Council menggabungkan keahlian ekstensif antara Indonesia dan Inggris di bidang seni budaya, pendidikan dan bahasa Inggris, untuk mendukung prioritas pemerintah Indonesia dalam pengembangan tenaga kerja. 

Perayaan ditandai dengan suara angklung serentak dari Gubernur Ridwan Kamil, Chief Executive British Council Scott McDonald, Country Director British Council Indonesia dan South East Asia Lead Summer Xia.

Saat memberikan sambutan, Ridwan Kamil mengapresiasi perjalanan British Council yang sudah berusia 75 tahun. Ia menyebut, hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua negara untuk mewujudkan kolaborasi melalui kultur budaya dan pendidikan. 

"Saya bahagia hadir di sini, 75 tahun waktu yang sangat lama. Tidak semua negara bisa membuat organisasi ini sebagai kultur diplomasi," ucap Ridwan Kamil.

Baca juga: Bupati Pangaandaran Buka Perlombaan Regu Pramuka Penggalang Tingkat III

Kang Emil --  sapaan akrab Ridwan Kamil -- menuturkan banyak inspirasi yang didapatkan dari British Council perihal pendekatan kebudayaan. Hal itu diwujudkan dengan pembangunan gedung kreatif center di beberapa  kabupaten/kota di Jawa Barat. 

"Kami membangun gedung kreatif center di sejumlah daerah di Jawa Barat dan inspirasi itu lahir dari kerja sama British Council," katanya.  

Menurutnya, masyarakat Jawa Barat memandang negara Inggris sangat baik. Dengan hadirnya British Council ini, tentunya menginterpretasikan bahwa reputasi Inggris tetap baik di mata masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat

"Reputasi dari Inggris untuk masyarakat Indonesia khususnya Jabar, sangat baik," sebut Ridwan Kamil.  

Salah satunya banyak muslim di London yang diberikan ruang. Oleh karena itu, ia menyebut diplomasi yang baik di masa depan adalah yang dilakukan oleh British Council. 

Baca juga: PT LIB Tunda Laga Persija vs Persib

"Muslim di London diberi ruang. Masa depan diplomasi adalah dengan cara seperti ini. Diversity, disrupsi, partnership," tuturnya. 

"Kolaborasi ini harus terus berjalan dengan baik. Warga Jawa Barat mencintai British Council," kata Ridwan Kamil.  

British Council Chief Executive Scott McDonald mengatakan Indonesia termasuk negara prioritas kerja sama British Council secara global. 

"Luar biasa sekali menyaksikan hasil kerja keras yang telah dicapai oleh British Council untuk menciptakan peluang dan dukungan di Indonesia, semua ini tercapai dengan koneksi yang erat dengan para mitra kami di Indonesia," ujarnya. 

"Kami percaya bahwa fondasi dari sebuah kemitraan yang bermakna adalah saling kesepahaman, rasa percaya dan tujuan yang sama. Senang sekali dapat menyaksikan hal ini dalam kemitraan kami yang sudah terjalin selama ini dengan Indonesia," tambah Scott. 

Summer Xia, Country Director of the British Council and South East Asia Lead mengaku bangga dengan sejarah kerja sama antara Indonesia dan Inggris karena telah menciptakan anak-anak muda yang berdaya dalam bidang ekonomi kreatif, pendidikan juga kebudayaan. 

"Melalui beasiswa, dana hibah, ujian, program-program pemberdayaan kapasitas, serta kinerja kami di Ekonomi Kreatif, kami terus menciptakan peluang dan membuka pintu bagi generasi muda Indonesia untuk belajar di Inggris dan membagikan inovasi serta kreativitas mereka dengan seluruh dunia," tutup Summer.

Baca juga: David Da Silva Bawa Persib Unggul di Babak Pertama

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait