IKIAD Kota Cimahi Gelar Khitanan Massal

Berita —Senin, 31 Jul 2023 10:22
    Bagikan  
IKIAD Kota Cimahi Gelar Khitanan Massal
Ketua IKIAD Eka Indrawati dan suami Ketua DPRD Kota Cimahi Ir Achmad Zulkarnain, MT foto bersama anak-anak yang sudah dikhitan. (foto:ist)

POSTPANGANDARAN,- Ikatan Keluarga Istri Anggota Dewan (IKIAD) Kota Cimahi yang diketuai Eka Indrawati, S.Pd, menggelar kegiatan bakti sosial Khitanan Massal, di Pendopo Gedung DPRD Kota Cimahi, Sabtu (29/7/2023).

Acara Khitanan Massal tersebut yang disponsori oleh Bank BJB dan Telkom Indonesia dengan diikuti peserta sebanyak 13 anak yang disunat.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka rangkaian Hari Jadi Kota Cimahi ke-22 Tahun 2023 dan peringatan Tahun Baru Islam 2023 1 Muharram 1445 H.

Ketua IKIAD Eka Indrawati yang juga istri Ketua DPRD Kota Cimahi Ir. Achmad Zulkarnain, MT ini, dalam pelaksanaan kegiatan menerangkan, untuk melaksanakan kegiatan khitanan ini memang cukup sulit untuk mencari  anak yang akan dikhitan.

“Karena pada saat anak-anak sudah masuk sekolah, tetapi, ternyata mencari anak khitan itu tidak mudah, butuh waktu yang panjang, sehingga hari ini kita baru bisa melaksanakannya, dan In syaa Allah kegiatan ini juga berkaitan dengan Hari Raya Islam Tahun Baru Islam 1 Muharram” terang Eka.

Meskipun target Eka, 20 orang anak, tetapi setelah ditunggu hanya 13 orang anak saja yang dapat dikhitan, dan dari 13’anak yang di khitan seluruhnya anak yang berdomisili di Cimahi.

Terkait dana untuk acara tersebut, dihimpun dari sebagian anggota dewan yang ada di Fraksi-fraksi, dan sponsor dari BJB Cabang Cimahi, dan Telkomsel Indonesia.

“Alhamdulillah, semua peserta domisilinya di Kota Cimahi dari umur terkecil 1 tahun sampai terbesar 12 tahun” ucapnya.

Ia berharap dengan kegiatan sosial yang dilaksanakan IKIAD, bisa berdampak dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Cimahi,

“Ini bisa membuktikan bahwa kehadiran IKIAD Kota Cimahi sebagai bagian dari para istri anggota dewan DPRD Kota Cimahi, mampu menggelar kegiatan bakti sosial seperti ini” tandas Eka.

Baca juga: Resep Sop Buntu Ala Hotel Bintang 5

Dijelaskannya kembali,  IKIAD Kota Cimahi berdiri sejak DPRD berdiri di Kota Cimahi, tahun 2001. Bahkan IKIAD pun sudah banyak melakukan berbagai kegiatan meskipun tidak terekspos.

“Kita pernah mengadakan santunan pada saat awal pandemi, yaitu pemberian bantuan, buka bersama, hanya lingkupnya tidak terlalu luas, karena IKIAD tidak sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang secara jumlah anggotanya terbatas,” ulas Eka.

Kalau DWP, lanjut Eka, beranggotakan semua istri dari seluruh ASN Kota Cimahi,  jadi jumlah anggotanya sangat banyak, sedangkan IKIAD sendiri, anggotanya yang eksisting ada 35, tetapi yang aktif dalam kegiatan per bulan hanya 15 Sampai 20 orang,” jelasnya.

Ia pun menuturkan, kegiatan -kegiatan IKIAD pernah mengadakan Seminar Stunting yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas DP3AP2KB Kota Cimahi, pelatihan keterampilan juga.

“Kita fokuskan di DPRD dulu, hanya untuk koordinasi, kita ada kegiatan-kegiatan yang menginduk kepada IKIAD Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Cimahi Ir. H. Achmad Zulkarnain, MT, sangat mengapresiasi dengan kegiatan Khitanan Massal yang diselenggarakan IKIAD Kota Cimahi.

“Ini adalah salah satu kegiatan yang positif dari paguyuban istri anggota dewan,” ujar Kang Azul sapaan akrabnya.

Setiap anak yang sudah dikhitan mendapatkan paket berupa 1 tumpeng, bolu khitan, bakakak, bingkisan snack, bingkisan nasi box dan uang saku.

Dwi Haryanti, salah seorang warga Cigugur Tengah yang merupakan orang tua dari anak khitan Arfan Danish Pramana (12 tahun), mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada IKIAD Kota Cimahi yang telah menyelenggarakan acara Khitanan Massal ini. 

Baca juga: Persib Betekad Menang Lawan Persik Kediri

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait