Jelang Libur Tahun Baru, Bupati Pangandaran Lakukan Sidak Pasar

Berita —Kamis, 29 Dec 2022 11:01
    Bagikan  
Jelang Libur Tahun Baru, Bupati Pangandaran Lakukan Sidak Pasar
Bupati Pangandaran.* (FOTO: portal.pangandaran.go.id)

POSTPANGANDARAN,- Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke pasar tradisional jelang libur natal dan tahun baru, di Pasar Pananjung, pada Sabtu (24/12/2022).

Untuk menjaga kenyamanan masyarakat, jelang liburan natal dan tahun baru, Bupati Pangandaran tidak hanya menyiapkan fasilitas lalu lintas dan kesehatan, beliau secara langsung turun ke lapangan untuk mengecek harga sembako di pasar tradisional.

Selain Nataru, sidak ini biasa dilangsungkan menjelang hari besar lain, seperti hari raya idul fitri dan hari raya idul adha.

Berdasarkan hasil sidak hari ini, beliau menerangkan kenaikan harga tidak signifikan, dan yang terpenting ketersediaan barang yang masih aman. 

"Berdasarkan sidak hari ini, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, dan kenaikan tidak signifikan, artinya yang paling penting ketersediaan barang tersebut masih aman, percuma kalo barang murah tapi barang gak ada, mereka memprediksi atau mereka suka menambah 30% dari hari biasa, ternyata pengunjungnya bertambah, kan ada berbagai faktor, tapi komoditas yang lain tidak mengalami kenaikan, paling cuman 2000 sampai 9000." Jelasnya. 

Baca juga: Resep Udon Beef Ala Jepang Dengan Instant

Untuk perbedaan harga sendiri, menurut beliau karena pedagang yang mengambil barang memerlukan untung. Sehingga dalam survey biasanya dilihat perbandingan berapa jumlah kenaikan. 

Beliau menjelaskan, jika harga tinggi sembako dikarenakan distribusi yang panjang, sehingga perlu diskusi serius untuk menemukan inovasi baru untuk jalan keluar dari permasalahan ini.

"Maksud saya nanti ngomong dengan dinas terkait, harga mahal itu karena distribusi yang panjang, pedagang kecil pedagang besar, distributor. Saya akan ngomong serius dengan mereka, nanti inovasi seperti apa sehingga jadi bagus. "

Beliau berharap, semoga nantinya akan ada titik terang, dan ada perubahan sebelum masa jabatan beliau berakhir. 

"Pasar ini sedang dalam komunikasi. hampir sebulan ini saya bolak-balik tapi belum bisa ngomong, belum ada titik terang, saya ingin 2023 sebenarnya, ayo istikharah dan usaha, sebelum saya berakhir semoga tercapai, kalo sudah semuanya." Harapnya.

Hadir mendampingi dalam kesempatan tersebut, Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat SH., S.IK, Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan Drs. Dadang Dimyati, Kepala Dinas Perdagangan dan UMKM Drs. Tedi Garnida MM, dan Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya, Nurcipto. 

Baca juga: Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Editor: Laila
								
    Bagikan  

Berita Terkait