Cukang Taneuh atau Green Canyon, Ini Lokasinya

Wisata —Kamis, 25 Aug 2022 15:50
    Bagikan  
Cukang Taneuh atau Green Canyon, Ini Lokasinya
Green Canyon.* (FOTO: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,- Siapa yang tidak tahu dengan Green Canyon? Green Canyon merupakan tempat wisata alam berupa aliran sungai yang diapit oleh dua bukit dengan bebatuan yang menembus goa.

Green Canyon sendiri terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Green Canyon berjarak 31 kilometer dari Pangandaran.

Nama asli dari Green Canyon adalah Cukang Taneuh. Nama Cukang Taneuh berawal dari adanya jembatan alami dari tanah yang melintang di atas Sungai Cijulang. Jembatan ini sendiri masih digunakan oleh warga sekitar untuk melintasi sungai.

Lalu, nama Green Canyon sendiri adalah sebuah pelesetan dari Grand Canyon yang berada di Sungai Colorado, Amerika Serikat. Hingga saat ini, masyarakat lebih mengenal Green Canyon daripada Cukang Taneuh.

Untuk bisa ke sini, kita harus menggunakan kendaraan pribadi atau bus. Green Canyon sendiri letaknya berada di pimggir jalan utama membuat bus besar dapat masuk ke area ini dengan mudah.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka harus keluar di Tol Cileunyi lalu masuk ke arah Nagreg, Ciawi lalu masuk ke Tasikmalaya.  Setelahnya masuk ke Ciamis lalu ke Banjar dan masuk ke Pangandaran.

Letak Green Canyon masih berada dalam kawasan objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nuswiru. Kita bisa menikmati keindahan alam dari Green Cayo ini ketika dari Sungai Cujulang. Karena dari sungai inilah kita akan dituntun menuju ke Green Canyon yang mengagumkan.

Baca juga: Kejuaraan Dunia BWF 2022 Masuki Babak 16 Besar

Untuk bisa sampai di Green Canyon, bisa melewati dermaga Ciseureuh dengan menggunakan perahu tempel maupun perahu kayuh.  Jaraknya sekitar 3 km saja ke Green Canyon.

Selama perjalanan menuju Green Canyon, akan melewati aliran Sungai Cijulang yang menyemburkan air.  Lalu menembus gua-gua yang dipenuhi dengan batuan stalaktit dan stalakmit. Ditambah dengan rimbunnya pepohonan serta banyaknya bebatuan menambah ke eksotisan tenpat ini.

Warna air di Green Canyon berwarna hijau toska dan berih. Karena inilah namanya menjadi Green Canyon. Jika memiliki hobi menyelam, bisa menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata yang wajib.

Untuk bisa sampai di Green Canyon, harus menyewa perahu seharga Rp 125 ribu dengan kapasitas 6 orang. Green Canyon buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.  Khusus Hari Jum’at mulai buka pukul 1 hingga 5 sore.

Selain menyusuri sungai dan menyelam, ada beberapa aktivitas lain yang bisa kita lakukan, seperti body rafting dan masih banyak lagi.* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Cagar Alam Pangandaran, Ada Apa Saja ?

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait