Desa Wisata Kertayasa, Keindahan Pangandaran yang Memesona

Wisata —Sabtu, 3 Sep 2022 11:40
    Bagikan  
Desa Wisata Kertayasa, Keindahan Pangandaran yang Memesona
Desa Wisata Kertayasa.* (FOTO: Pinterest)


POSTPANGANDARAN,- Pangandaran terkenal dengan wisata pantainya. Banyak yang belum mengetahui bahwa di Pangandaran ada wisata yang sayang untuk dilewatkan yaitu Desa Wisata Kertayasa.  Desa Kertayasa terletak di Kecamatan Cijulang dengan jarak tempuh kurang lebih 27km dari Pantai Pangandaran.

Desa Kertayasa dikelola oleh Bumdes Guha Bau Desa Kertayasa. Berdasarkan keputusan Bupati Pangandaran Nomor:270/Kpts.231-Huk/2018 tentang Penetapan Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, per 15 Mei 1018.  Desa Kertayasa ditetapkan sebagai  Desa Wisata Kabupaten Pangandaran.

Desa Wisata Kertayasa memiliki banyak potensi wisata baik alam ataupun budaya. Salah satunya adalah Body Rafting Green Canyon, Body Rafting Curug Taringgul/Green Coral, Camping Ground Taman Wisata Palatar, Kesenian Benjang Batok, Kesenian Badud, Kesenian Angklung dan Ngecak Balong.  Selain itu, Desa Wisata Kertayasa juga memiliki beberapa penghargaan diantaranya adalah juara 1 lomba Desa Wisata 2019 (Tingkat Nasional) juga Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan 2021.

Baca juga: Coba Resep Mie Goreng Seafood ala Rumahan

Yang paling terkenal di Desa Wisata Kertayasa ini adalah Green Canyon. Banyak yang sudah tahu juga sudah pernah berkunjung ke sini. Green Canyon adalah sebuah plesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Namun, orang sunda menyebutnya dengan sebutan Cukang Taneh atau dalam Bahasa Indonesia berarti  Jembatan Tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Kecamatan Cimerak.

Tujuan utama dari Green Canyon adalah terowongan yang menyerupai gua dengan stalagtit dan stalagmit yang memesona yang diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam khas dan menantang berada di bawah jembatan tanah yang dikenal dengan Gua Green Canyon.

Untuk mencapai gua tersebut, kamu akan menyusuri Sungai Cijulang menggunakan perahu yang disebut sebagai ketinting. Perahu ini hanya mampu ditumpangi dari oleh 5 penumpang. Waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan dimulai dari Dermaga Ciseureuh menuju gua kurang lebih 30 menit.

Objek wisata ini juga berdekatan dengan objek wisata Batukaras serta Bandar Udara Nusawiru.* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Japan Open 2022, Langkah Indonesia Terhenti

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait