Penderita Diabetes Ayo Manfaatkan Jintan Hitam dan Pare

Kesehatan —Senin, 31 May 2021 14:08
    Bagikan  
Penderita Diabetes Ayo Manfaatkan Jintan Hitam dan Pare
pinterest

PANGANDARAN,DEPOSTPANGANDARAN                      

Minyak jintan hitam mungkin bermanfaat bagi pasien diabetes, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Complementary Therapies in Medicine pada 2015.

Para peneliti menganalisis penelitian yang diterbitkan sebelumnya tentang penggunaan N. sativa untuk diabetes dan menyimpulkan bahwa herbal ini mengatur kadar gula darah dan kolesterol. Akan tetapi, masih diperlukan uji klinis untuk memperjelas efeknya.

 Jintan hitam dan pare memiliki beberapa manfaat untuk penderita diabetes. Para penderita diabetes pun disarankan untuk memanfaatkan jintan hitam dan pare tersebut. 

Dokter Danar Wicaksono dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sardjito, Yogyakarta, mengatakan beberapa manfaat itu antara lain mengurangi kadar glukosa dalam darah, hingga membantu produksi insulin di tubuh. Menurut dia, jintan hitam atau yang dikenal dengan habbatussauda itu memiliki zat bernama thymoquinone.

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Elsa Terpojok Serahkan Diri ke Polisi

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Reza Mohebbati pada 2020 lalu, kata Danar, pada penderita diabetes yang mengonsumsi ekstrak jintan hitam ditemukan kadar glukosa yang terkandung dalam darah mengalami penurunan yang lebih baik apabila dibandingkan pasien yang menggunakan obat-obatan. Selain mengurangi kadar glukosa di dalam darah, jintan hitam juga berfungsi sebagai imunomodulator yang meningkatan sistem imun tubuh dengan lebih baik lagi.

Selain jintan hitam, Danar menjelaskan bahwa bahan alami yang juga memiliki manfaat baik bagi penderita diabetes adalah pare. Dokter yang aktif di media sosial itu pun menyebutkan bahwa pare sudah lama digunakan untuk pengobatan bagi penderita diabetes.


Editor: Ardi
    Bagikan  

Berita Terkait