7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental, Tetap Semangat Jangan Menyerah ya!

Kesehatan —Sabtu, 14 Oct 2023 10:34
    Bagikan  
7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental, Tetap Semangat Jangan Menyerah ya!
*Foto Unplash/Anthony Tran

POSTPANGANDARAN,-   Jika kalian yang merasa mudah mengalami stress atau gangguan kecemasan kalian sebaiknya meningkatkan kesejahteraan atau kualitas kesehatan mental kalian secara keseluruhan , dan yang harus kalian ketahui bahwa hal tersebut tidak hanya bisa berfokus pada kesehatan fisik, selainkan kesehatan mental yang memainkan peran yang sangat besar dalam kehidupan.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kalian terapkan untuk meningkakan kualitas kesehatan mental sebagai kemampuan diri sendiri untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

Ini dia beberapa langkah untuk kalian yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari kalian untuk tetap bisa menjaga kesehatan mental kalian;

  • Tuliskan hal yang patut disyukuri

Cara sederhana yang mampu kalian lakukan salah satunya adalah dengan cara bersyukur , karena rasa bersyukur sendiri di kaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental serta kebahagiaan. Jika kalian menuliskan hal-hal kecil yang patut kalian syukuri setiap harinya. Maka secara umum hal itu akan dapat merenungkan rasa terimakasih juga efektif, dan tentu hal itu perlu berlatih secara teratur untuk mendapatkan manfaat dalam jangka waktu yang panjang. Dan kalian harus menemukan sesuatu untuk di syukuri dan kalian harus menikmati setiap moment perasaan tersebut yang ada pada dalam hatimu.

  • Olahraga

Olahraga dapat membantu tubuh kalian melepaskan endrofin yang dapatmembantu menyingkirkan stress dan meningkatkan suasana hati kalian pada saat sebelum dan sesudah olahraga, karena itu banyak sekali orang yang melakukan olahraga untuk melepaskan stress, kecemasan dan depresi secara ampuh. Kalian bisa melakukan olah raga kecil – kecilan jikakalian tidak ingin berolahraga berat, kalian bisa melakukan olahraga kecil seperti menaiki tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat, lakukan setidaknya paling lama selama 30 menit setiap harinya, dan coba kalian melakukannya diluar ruangan , karena paparan sinar matahari membantu tubuh yang menghasilkan vitamin D, yang dapat meningkatkan tingkat serotine di otak.

  • Istirahat

Pada saat kalian mempunyai tugas atau pekerjaan yang sangat banyak kalian bisa beristirahat dahulu dan jauhkan lah diri kalian dari pekerjaan atau tugas tersebut karena jal itu akan membuat kalian semakin stress maka dari itu klian perlu istirahat setidaknya sampai diri kalian merasa sedikit lebih baik. Hal baik yang tanpa kalian ketahui kalian bisa melakukan latihan pernafasan sederhana , tutup mata dan ambil 10 tarikan napas dalam-dalam, kalian bisa menghitung sampai empat saat menarik nafas kalian bisa melakukan saat menarik nafas dan pada saat membuang nafas dalam empat hitungan hal ini akan membantu kalian untuk melawan stress.

Baca juga: Inilah 7 Makanan yang Paling Populer di Berbagai Negara

  • Makanlah makanan yang enak

Tubuh kalian membutuhkan nutrisi makanan yang yang lezat dan juga sehat untuk menyehatkan otak, karbohidrat dalam jumlah yang sedang dapat meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sayuran dan buah – buahan di penuhi dengan nutrisi yang memberikan makan setiap sel pada tubuh . kalian juga bisa memakan makanan dengan asam lemak tak jenuh ganda omega 3. Nutrisi dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas structural pada sel – sel otak yang di perlukan untuk fungsi kognifit.

  • Lakukan sesuatu untuk oranglain

Penelitian menunjukan bahwa jika kita membantu oranglain memiliki efek menguntungkan pada perasaa kamu tentang diri sendiri, dan bersikap membantu dan ramah adalah cara yang terbaik untuk membangun harga diri. Maka dari itu makna yang di temukan dalam membantu oranglain adalah memperkaya dan memperluas hidup kalian.

  • Terbuka pada seseorang

Kalian harus belajar terbuka pada oranglain dan jangan memendam sendiri karena hal penting yang akan di dapat adalah kamu bisa berfikir positif jika kalian bisa di hargai oleh orang lain, dan kamu juga dapat lebih mudah untuk mengenal diri kamu sendiri jika kalian bisa mampu berfikir positif.

  • Mengatakan hal positif pada diri sendiri

Jika kalian memandang diri sendiri dengan pikiran yang negative tentu saja kalian juga akan merasakan hal negative tersebut, maka dari itu sebaiknya kalian berfikir untuk positif karena hal out juga dapat merubah diri kita dan kita akan merasakan hal positif karena pemikiran diri kita sendiri. Maka dari itu kalian bisa menggunakan kata-kata positif yang keluar dari diri kalian mulai dari sekarang ya.

 

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa membantu kalian untuk menjaga kesehatan mental kalian sendiri, dan ingat menjaga sehatan mental itu sangat penting, dan hal itu juga bisa terjadi karena diri kita sendiri.

Baca juga: Lowongan Kerja PT. Yakjin Jaya Indonesia Untuk Posisi QC, Ijazah SMA Dipersilahkan Mendaftar, Berikut Syaratnya

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait