BT Batik Trusmi, Salah Satu Ikon Budaya Cirebon

Wisata —Sabtu, 16 Sep 2023 11:18
    Bagikan  
BT Batik Trusmi, Salah Satu Ikon Budaya Cirebon
BT Batik Trusmi (Depost Network / Siska,Diki)

POSTPANGANDARAN,- Batik Trusmi merupakan salah satu batik terkenal di Indonesia. Pusat Kerajinan ini dapat kalian temui jika berkunjung ke kawasan Cirebon. Secara Umum, ciri khas Batik Trusmi dibagi kedalam dua jenis.. Motif pertama yaitu motif keratin yang diambil dari ornamen-ornamen keratin, baik dari unsur bangunan maupun benda-benda yang ada disekitar keratin. Motif lainnya motif pasisiran yang menampilkan flora dan fauna, baik darat maupun laut serta memilih warna-warna cerah.

BT Batik Trusmi bisa menjadi salah satu sentra oleh-oleh tujuan. Menyajikan oleh-oleh khas Cirebon yang cukup lengkap, Mulai dari Rp 10.000 untuk produk makanan ringan. Namun, kalian juga dapat menemukan produk premium, seperti batik tulis premium.
Menariknya, Jika membeli sehelai kain batik tulis premium, masing masing motif hanya dicetak untuk satu helai kain saja.

BT Batik Trusmi juga menyediakan aneka kudapan khas Cirebon, sirup tjampolay, terasi bawang, kerupuk seblak, sambal terasi, ikan bandeng, dan masi banyak lagi.
“ Selain Batik Rekomendasi oleh-oleh biasanya pada beli terasi, ada sirop pisang susu tjampolay, kerupuk seblak, ada bawang goreng Bu Ras, gapit, sampai the upet,” Tutur salah satu karywan BT Trusmi, Kamis.

Baca juga: Efek Perang Rusia vs Ukraina, Pengrajin Rotan Di Cirebon Jadi Sepi Orderan


Kalian bisa melihat proses pembuatan batik nya dengan membayar Rp 30.000, pengunjung bisa mendapat sehelai kain putih yang telah digambar motif batik menggunakan pensil.

Pengunjung akan diajak membatik dengan canting dan lilin oleh beberapa orang pekerja BT Batik Trusmi. Hasilnya pun bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.
Selain sebagai pusat perbelanjaan, tempat ini juga menawarkan sensasi berfoto bagi pengunjung dengan lata foto instagenic motif batik Cirebon.
Pengunjung bisa masuk gratis ke museum Trupak dan mengenal sekilas tentang batik. (siska septiani)

Baca juga: Tiba di Amerika Serikat, Dua Ulama Jabar Jebolan English for Ulama Langsung Kunjungi Pesantren

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait