Curug Citambur, Air Terjun dengan Aliran Air Deras di Cianjur

Wisata —Kamis, 6 Jan 2022 09:31
    Bagikan  
Curug Citambur, Air Terjun dengan Aliran Air Deras di Cianjur
Curug Citambur, Air Terjun dengan Aliran Air Deras di Cianjur- Pinterest

CIANJUR, POSTPANGANDARAN- Curug Citambur adalah air terjun yang berada di Cianjur Jawa Barat, wisata dengan pesona alam nan menyegarkan ini cocok untuk kalian penikmatwisata bernuansa Alam terbuka.

Selain pemandanganya yang menakjubkan, aliran deras curug citambur ini sangt cocok untuk wisata keluarga atau bersama pasangan yang mencintai petualangan.

Bukan hanya menikmati air terjun saja, saat berjalan menuju lokasi kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari kebun teh.

Spot-spot foto dengan kecantikan alam juga menjadi daya tarik tempat ini, hijaunya kebun teh yang menghampar luas akan menjadi hasil potret yang memukau.

Keunikan dari Curug Citambur ini adalah adanya debit air yang cukup deras, sehingga menimbulkan air yang menguap yang tampak seperti gumbalan kabut. Ditambah yakni air yang jatuh berasal dari atas bukit bersuara seperti tambur.

Dari sinilah bisa diberi nama Curug Citambur, dalam bahasa sunda 'ci' artinya air, sedangkan tambur merupakan sebutan alat musik drum.

Harga tiket untuk bisa masuk ke tempat wisata ini pun sangat murah karena kamu hanya di wajibkan membayar Rp 7.000,- saja.

Baca juga: Resep Minuman, Es Ciming Manis Segar Kuliner Khas Purwakarta

Baca juga: Polisi Kembali Tangkap Empat Orang Terkait Kasus Bocah 14 Tahun di Bandung Yang Dijual

Baca juga: Museum Sri Baduga Bandung, Destinasi Wisata Bersejarah

Mitos Curug Citambur

Curug Citambur sangat terkenal dikota ini bukan hanya pemandanganya saja yang membuat terkenal namun ada mitos yang berkembang. Curug Citambur memiliki mitos yang terbagi menjadi 2 versi.

Versi pertama, dinamakan Citambur karena air yang jatuh dari atas tebing berbunyi “bergedebum” suara itu mirip yang dikeluarkan oleh alat musik drum seperti tambur yang dipukul. Maka, dari suara air yang jatuh air tersebut, warga setempat memberikan nama Curug Citambur.

Versi yang kedua menyebutkan bahwa kawasan wisata ini berkaitan dengan suatu kerajaan yang dulu pernah berdiri di sekitar sana. Dikisahkan dulu di sekitar kawasan air terjun, ada kerajaan yang bernama Tangjung Anginan.

Air Terjun Di Bogor ini berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.-RS

Baca juga: Polisi Kembali Tangkap Empat Orang Terkait Kasus Bocah 14 Tahun di Bandung Yang Dijual

Baca juga: Museum Sri Baduga Bandung, Destinasi Wisata Bersejarah


Editor: Ajeng
								
    Bagikan  

Berita Terkait