Museum Sri Baduga Bandung, Destinasi Wisata Bersejarah

Wisata —Rabu, 5 Jan 2022 09:47
    Bagikan  
Museum Sri Baduga Bandung, Destinasi Wisata Bersejarah
Museum Sri Baduga Bandung, Destinasi Wisata Bersejarah- Pinterest

POSTPANGANDARAN- Jika anda merasa jenuh berekreasi ke pantai,gunung,taman atau mall mungkin destinasi wisata museum ini bisa menjadi alternatif wisata lain untuk anda dan keluarga.

Bukan hanya akan menambah hangat romansa kekeluargaan dengan berkunjung ke musium anda juga mendapat edukasi tambahan.

Dari beberapa museum di Indonesia, museum Sri Baduga Bandung menjadi salah satunya.

Museum Sri Baduga Bandung memiliki berbagai koleksi artefak sejarah dan budaya Jawa Barat. Museum ini menyimpan koleksi peninggalan sejak zaman prasejarah hingga masa kolonial. Saat ini koleksinya sebanyak 6.720 benda purbakala dan sejumlah permainan tempo dulu.

Diresmikan tahun 1980, gedung museum Sri Baduga menggunakan bekas kantor pembantu bupati (wedana) Tegalega. Nama museum diambil dari Prabu Siliwangi yang bergelar Sri Baduga Maharaja.

Anda bisa datang setiap hari ke museum setiap hari. Buka dari pagi hingga sore pada hari biasa dan siang hari pada akhir pekan. Sedangkan untuk hari Senin dan libur nasional museum tutup

Museum ini bersifat umum, dengan koleksi bidang geografi, arkeologi, dan seni budaya Sunda. Jenis-jenis permainan tradisional anak-anak dan kerajinan tangan masyarakat yang masih dilestarikan juga ditampilkan.

Ruang pertama berisi segala hal terkait alam, peninggalan sejarah, dan perkembangan Jawa Barat. Mulai dari Arca, Kubur Batu, dan Replika gua tempat tinggal. Lebih ke dalam lagi terdapat artefak bebatuan, naskah kuno Padjajaran, dan hewan-hewan.

Termasuk di dalamnya replika Batu Tulis peninggalan kerajaan Pajajaran dan prasasti-prasasti lainnya.

Baca juga: Fairy Garden Bandung, Destinasi Wisata ala Negeri Disneyland

Baca juga: Drama Korea User Not Found Subtitle Indonesia

Baca juga: Bigben Waterpark Green Aplle, Wisata Kolam Air ala Inggris di Cianjur

Di ruangan lain nya ada sejarah Bandung Purba

Memasuki ruangan ini, wisatawan disambut relief interaktif sejarah terjadinya danau Bandung purba. Danau yang dulunya memiliki luas 75 km2 membentang di wilayah Bandung raya. Meliputi kota Bandung, Cimahi, kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Bandung sendiri bermakna “bendung” atau bendungan. Memori kolektif tersebut memunculkan nama tempat berawalan Ranca atau Situ yang bermakna danau.

Bandung sendiri bermakna “bendung” atau bendungan. Memori kolektif tersebut memunculkan nama tempat berawalan Ranca atau Situ yang bermakna danau.
Selain itu di sisi museum ditampilkan replika kereta kencana Paksi Nagaliman dari keraton Kanoman Cirebon. Kereta ini menggambarkan sosok garuda, naga, gajah. Melambangkan kebudayaan Jawa, Tionghoa dan Arab sebagai unsur budaya masyarakat Cirebon.

Dan masih banyak lagi benda-benda bersejarah lain nya yang bisa anda explor di museum Sri Baduga Bandung ini. 

Baca juga: Drama Korea User Not Found Subtitle Indonesia

Baca juga: Bigben Waterpark Green Aplle, Wisata Kolam Air ala Inggris di Cianjur



Editor: Ajeng
								
    Bagikan  

Berita Terkait