Pantai Batu Hiu, Simpan Cerita Soal Hiu yang Membatu karena Kutukan?

Wisata —Selasa, 23 Aug 2022 13:18
    Bagikan  
Pantai Batu Hiu, Simpan Cerita Soal Hiu yang Membatu karena Kutukan?
Pantai Batu Hiu, Pangandaran.* (FOTO: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,- Pantai Batu Hiu merupakan salah satu destinasi wisata air yang ada di Pangandaran.  Pantai ini berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pantai Batu Hiu, berjarak kurang lebih 22 km dari Pangandaran. Lantas apakah pantai ini ada Hiu yang membatu seperti dikutuk? 

Penamaan hiu itu bukan berarti di pantai tersebut ada hiu batu yang dikutuk.  Sebutan itu berasal dari batu yang terlihat di laut ini dan menyerupai sirip ikan hiu.  Seonggok batu itu bisa sekitar 200 meter dari pinggir pantai. Tetapi bukan tidak mungkin bila binatang buas itu ada di sana karena merupakan laut lepas yang dihuni oleh banyak satwa.

Tetapi binatang yang sudah pasti ada disana adalah penyu, karena tidak jauh dari pantai ada tempat konservasi penyuyang dikelola oleh Kelompok Pengawas Masyarakat Biota Laut (POKWASMAS). Di sana bisa melihat berbagai jenis penyu seperti penyu hijau, tempayan dan pipih. Kemudian jika beruntung dapat ikut melepaskan anak penyu ke lautan.

Baca juga: Jojo Tembus Babak Kedua Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Terlepas dari batu yang berbentuk sirip hiu, pantai ini memiliki keindahan yang disandingkan dengan tanah lot yang ada di Bali.  Pantai memiliki bentuk batu-batu karang yang menjorok ke tengah laut. Di atas batuan karang tersebut ditumbuhi oleh rerumputan yang hijau serta ada pepohonan yang membuatnya terlihat teduh.

Dengan keindahan yang disamakan dengan tempat wisata di Bali, membuat pantai ini sangat cocok untuk menjadi tempat berfoto sebelum pernikahan atau pre wedding.  Atau untuk sekedar mencuci mata dari kehidupan perkotaan yang merumitkan.

Ada beberapa fasilitas yang menjadi unggulan di pantai batu hiu ini yaitu lapangan parkir yang luas, penginapan atau homestay, kemudian rumah makan.  Yang paling penting adalah ada tempat untuk berbelanja oleh-oleh yang bisa dibagikan kepada sanak keluarga atau tetangga.

Jadi sekali lagi, tidak ada hiu yang dikutuk menjadi batu di pantai ini.  Yang pasti, ada satwa penyu karena memang ada penangkaran serta pemandangan-pemandangannya yang menakjubkan.* (RENALDI)

Baca juga: Ginting Melaju ke Babak 32 Besar, Ini Jalannya Pertandingan

 

 

 

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait