Ada Tanah Lot di Jawa Barat?

Wisata —Jumat, 2 Sep 2022 16:27
    Bagikan  
Ada Tanah Lot di Jawa Barat?
Pantai Batu Hiu.* (FOTO: Pinterest)


POSTPANGANDARAN,- Pantai Batu Hiu adalah salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan laut lepas Samudera Hindia dari Bukit Karang. Pantai Batu Hiu sering disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat karena memiiki batu karang yang menjorok ke tengah laut.  Mirip seperti Tanah Lot yang ada di Bali.

Selain itu, ada juga batu karang di tengah laut yang bentuknya menyerupai ikan hiu. Di sinilah nama Batu  Hiu bermula. Pantai Batu Hiu menjadi tujuan favorit wisatawan yang ingin beristirahat sembari piknik.  Pantai ini memiliki hamparan rumput yang hijau serta ditumbuhi vegetasi Pandan Wong yang memberikan nuansa teduh serta semilir angin laut yang menambah kenyamanan wisatawan.

Pantai Batu Hiu juga sering dijadikan tempat untuk melaksanakan pre wedding karena memiliki pemandangan yang indah. Selain wisata alamnya yang indah, di sini juga terdapat situs makam keramat yang dikaitkan dengan cerita rakyat.  Dari mulut ke mulut bercerita tentang persinggahan pasukan buangan kerajaan Mataram yang dinamakan Ki Braja Lintang yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede.

Baca juga: Arya Saloka Kembali Ke Ikatan Cinta?

Pantai Batu Hiu berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi.  Pantai Batu Hiu berjarak kurang lebih 22 km dari Pangandaran.  Selain itu dapat ditempuh dalam waktu 35 menit dari pusat Pangandaran.

Tidak jauh dari Pantai Batu Hiu, ada konservasi penyu yang dikelola Kelompok Pengawas Masyarakat Biota Laut (POKWASMAS) dengan penggagas Kang Didin. Lokasi ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Tourist Information Center ke arah barat kurang lebih 150 menit. Di penangkaran penyu, kita bisa melihat berbagai jenis penyu seperti penyu hijau, penyu tempayan dan penyu pipih. Selain itu juga bisa ikut melepaskan anak penyu ke laut lepas jika anak penyu sudah berumur 3-5 bulan.* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Motor Listrik dan Sepeda Listrik Itu Berbeda, Kenali Agar Tidak Salah

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait