Tanah Lot-nya Jawa Barat Ada di Pangandaran!

Wisata —Sabtu, 29 Apr 2023 13:39
    Bagikan  
Tanah Lot-nya Jawa Barat Ada di Pangandaran!
Pantai Batu Hiu, Pangandaran.* (FOTO: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,- Pantai Batu Hiu adalah salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan laut lepas Samudera Hindia dari view bukit karang. Pantai Batu Hiu sering disebut sebagai Tanah Lotnya Jawa Barat karena memiiki batu karang yang menjorok ke tengah laut, mirip seperti Tanah Lot yang ada di Bali.

Selain itu, ada juga batu karang di tengah laut yang bentuknya menyerupai ikan hiu. Di sinilah nama Batu  Hiu bermula. Pantai Batu Hiu menjadi tujuan favorit wisatawan yang ingin beristirahat sembari menghabiskan bekal makan siang karena memiliki hamparan rumput yang hijau serta ditumbuhi vegetasi Pandan Wong yang memberikan nuansa teduh serta semilir angina kaut yang menambah kenyamanan wisatawan.

Pantai Batu Hiu juga sering dijadikan tempat untuk melaksanakan Pre Wedding karena memiliki pemandangan yang indah. Selain wisata alamnya yang indah, disini juga terdapat situs makam keramat yanh dikaitkan dengan cerita rakyat yang konon Katanga di sini pernah disinggahi sejumlah pasukan buangan kerajaan Mataram yang dinamakan Ki Braja Lintang yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede.

Baca juga: Sinopsis Film Qodrat Haunting You 2022

Pantai Batu Hiu berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pantai Batu Hiu berjarak kurang lebih 22km dari Pangandaran dan dapat ditempuh dalam waktu 35 menit dari pusat Pangandaran.

Tidak jauh dari Pantai Batu Hiu, ada konservasi penyu yang di kelola Kelompok Pengawas Masyarakat Biota Laut (POKWASMAS) yang di gagas oleh Kang Didin. Lokasi ini bisa ditemouh dengan berjalan kaki dari Tourist Information Center kea rah barat kurang lebih 150 menit. Disini, penangkaran penyu, kamu bisa melihat berbagai jenis penyu seperti penyu hijau, penyu tempayan dan penyu pipih. Kamu juga bisa ikut melepaskan anak penyu ke laut lepas jika anak penyu sudah berumur 3-5 bulan.

Baca juga: Pemkab Pangandaran Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2023

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait