BJ Habibie Ungkap Makanan Favorit yang Membuatnya Otak Cerdas

Hiburan —Sabtu, 10 Apr 2021 17:31
    Bagikan  
BJ Habibie Ungkap Makanan Favorit yang Membuatnya Otak Cerdas
Image/Pinterest

POSTPANGANDARAN

Setiap orang tentu memiliki makan favorit sejak kecil. Bahkan, makan tersebut dapat menentukan tumbuh kembang kita.

Presiden ke-3 Republik Indonesia, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J Habibie, pun memiliki makan favorit yang selalu ia makan sejak kecil. Pria berusia 82 tahun ini ternyata sangat suka menyukai ikan, sayur, dan rajin konsumsi air putih.

Dikenal sebagai tokoh yang memiliki kecerdasan yang tinggi dan masih sehat, tentu selain kuncinya dari belajar yang tekun, kegigihan dan perjuangannya mearih sukses dan kedisiplinan dalam hidupnya, pola makan juga bisa mempengaruhi kecerdasannya.

BACA JUGA: Menguak Legeda Prabu Dewataprana Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi

1. Ikan

Pinterest

Seperti kebanyakan orang Indonesia, BJ Habibie juga menyukai olahan ikan. Baik itu digoreng dan dibakar.

Sebagai orang Sulawesi Selatan, ia pun menyukai masakan olahan ikan khas Sulawesi yakni Sup Ikan. ikan merupakan sumber protein dan omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk otak.

Ada pula penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak yang terkandung dalam ikan dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin pada otak. Hal itu dapat membantu mengobati dan mengurangi gejala depresi.

Manfaat lain, kandungan omega-3 pada ikan juga dapat menjaga kesehatan mata dan memberi nutrisi pada otot-otot dan saraf mata. Hal itu karena kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan.

BACA JUGA: Menguak Legenda Nyi Roro Kidul sang Ratu Laut Selatan

2. Sayur

Selain doyan makan ikan, BJ Habibie juga ternyata suka sekali makan sayur.

Menu sayur selalu disajikan untuk menu wajib saat BJ Habibie makan. Ia menyukai hampir semua jenis sayur bahkan saat berada di luar negeri pun selalu cari menu nasi dengan menu olahan sayur untuk makan sehari-hari.

Kandungan nutrisi antara sayuran memang berbeda-beda, namun pada umumnya sayuran mengandung protein dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam yang tentu saja sangat baik untuk tubuh, termasuk kesehatan otaknya.

BACA JUGA: Cara Memahami Hubungan Sosial yang Baik dengan Orang Lain

3. Susu

Pinterest

Minum susu menjadi hal rutin yang dilakukan BJ Habibie. Baik di Indonesia dan luar negeri, konsumsi susu menjadi rutinitasnya setiap hari.

Bahkan saat tinggal di Jerman, BJ Habibie minum susu lebih sering dibanding saat tinggal di Indonesia, karena cuaca di Jerman sangat dingin di musim tertentu.

Susu baik diminum setiap hari, karena mengandung banyak kalsium yang dapat menguatkan tulang. Tak hanya itu susu juga ternyata sangat baik untuk kesehatan otak, terutama dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Kesimpulan ini didapat setelah peneliti Amerika Serikat dilansir Daily Mail berhasil membuktikan adanya hubungan erat antara mengonsumsi susu tiga gelas per hari dengan tingkat antioksidan alami yang lebih tinggu atau glutathione pada otak orang dewasa.

BACA JUGA: BJ Habibie Ungkap Makanan Favorit yang Membuatnya Otak Cerdas

Editor: Yoga
    Bagikan  

Berita Terkait