P2WKSS Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

News —Kamis, 3 Jun 2021 02:17
    Bagikan  
P2WKSS Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga
P2WKSS Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga (foto:ist)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran Ida Nurlaela Wiradinata membuka kegiatan Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Kabupaten Pangandaran yang digelar di Desa Bunisari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Rabu (02/06/2021).

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pangandaran itu melibatkan PKK dan beberapa dinas terkait untuk mendukung program P2WKSS tahun 2021.

Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran Ida Nurlaela Wiradinata mengatakan, bahwa program tersebut sudah pernah dilakukan oleh Provinsi Jawa Barat dan didanai juga Provinsi.

"Tetapi tahun sekarang ini kegiatan inj di kembalikan kepada kabupaten/kota masing-masing," ujarnya.

BACA JUGA: Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 3 Juni 2021, Taurus dan Virgo Hindari Stress, Sagitarius Hindari…

Menurut Ida, dengan program P2WKSS ini untuk desa yang tertinggal mendapatkan banyak keuntungan di beberapa sisi, meski desa tertinggal harus dilakukan evaluasi yang namanya kesejahteraan keluarga.

"Contohnya rumah yang tidak layak huni, kita ada program rutilahu, akses jalan yang kurang normal ada fasilitas pembangunan jalan kalau ada Puskesmas atau Pustu juga kita perbaiki gedungnya ataupun sarana prasarana yang ada di desa tertinggal," katanya.

Maka melalui kegiatan ini, Ida menyebutkan, setiap SKPD terkait bisa memberikan anggaran atau bentuk apapun untuk merubah sumber daya manusia (SDM) yang ada di Desa Bunisari ini yang sasarannya adalah PKK Binaan

"Nanti, setelah berjalan selama 8 bulan dibina kita evaluasi perubahan, akses jalan dan lampu penerangan, kesehatan, pertanian sudah ada atau belum," tuturnya.

Selain itu, sambung dia, dari pihak RSU Pandega juga akan memberikan layanan fasilitas bagi PKK binaan baik melalui BPJS atau KIS untuk upaya pengklaiman bagi warga berobat ke rumah sakit.

"Untuk yang sakit biasa, bisa dilakukan pengobatan di Puskesmas, jika sakit yang berkelanjutan bisa dilakukan pengobatannya di rumah sakit," ucapnya.

BACA JUGA: 3 Nelayan Hilang di Laut Pangandaran, 1 Ditemukan Tewas, 2 Lagi Masih Dicari

Sementara itu, Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pangandaran Heri Gustari menjelaskan, bahwa program P2WKSS merupakan kegiatan program terpadu lintas sektor, dan salahsatu bentuk implementasi dari persamaan gender untuk meningkatkan peran dan kualitas kaum perempuan sehingga terwujud pemberdayaan perempuan yang berkeadilan gender

"Kita akan menetapkan desa supaya berhasil melaksanakan secara terpadu peran wanita sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan dan berdampak terhadap kesetaraan gender," katanya.

Selain itu, Heri juga mengatakan P2WKSS merupakan upaya pemerintah bersama masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan peran perempuan dalam pembangunan dan pengembangan SDM, SDA dan lingkungan untuk mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dengan perempuan sebagai penggerak.

"P2WKSS ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk memacu mendorong dan menggerakan partisipasi masyarakat sebagai upaya mengevaluasi pelaksanaan pemberdayaan masyarakat utamanya peran perempuan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga," jelas Heri.

Dalam pelaksanaannya, Heri menyebutkan, akan memilih sebanyak 100 Kepala Keluarga binaan yang akan mendapat bimbingan dari pemerintah daerah melalui dinas terkait.

"Ini akan dilaksanakan secara terpadu dan diintegrasikan dengan program-program pembangunan lainnya, untuk mewujudkan program tersebut seluruh potensi yang ada harus dioptimalkan untuk mencapai tujuan," pungkasnya. (Fitri)

BACA JUGA: Wali Kota Banjar Deklarasikan Pencanangan Wilayah Bersih dari Punguatan Liar

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait