Tari Merak Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Berita —Senin, 19 Sep 2022 15:21
    Bagikan  
Tari Merak Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia
Acara Merak Sadunya, Gotong Royong Perempuan Merawat Nusantara, di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (18/09/2022).* (FOTO: Biro Adpim Jabar)


(POSTPANGANDARAN KOTA BANDUNG),- Tari Merak mendapatkan predikat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai tari yang berasal dari Bandung ini perlu dilestarikan dari level anak-anak hingga orang dewasa. 

Sekitar 1.000 orang dengan memakai kain kebaya memadati halaman depan Gedung Sate.  Dalam kesempatan tersebut, Atalia Praratya Ridwan Kamil pun ikut serta memperagakan tarian tersebut dengan menggunakan kebaya nuansa hijau dan putih.

Menurut Ridwan Kamil kegiatan Tari Merak Sadunya (Sedunia) ini bisa menjadi langkah awal yang positif dalam melestarikan salah satu budaya di Jawa Barat. Menurut siaran pers Pemprov Jabar.

Baca juga: Skuter Listrik Ini Miliki Harga Tinggi

"Kita  ada kegiatan luar biasa yaitu gerakan Merak Sadunya (Sedunia) untuk melestarikan satu budaya Jawa Barat. Kedua, mensyukuri penganugerahan tari merak sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, juga dirangkaikan dengan Hari Perdamaian Dunia," ungkap Ridwan Kamil usai menghadiri acara Merak Sadunya, Gotong Royong Perempuan Merawat Nusantara, di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (18/09/2022).

Dengan kegiatan ini, Ridwan Kamil mengaku bahagia. Gerakan ini dapat dijadikan momentum saling menguatkan kebudayaan tradisional di Jawa Barat.

"Nah saya sangat bahagia kenapa? Karena Jawa Barat secara umum prestasinya sangat baik, di bidang ekonomi juga punya banyak. Momentum untuk menguatkan kebudayaan-kebudayaan yang tradisional,” ujar Ridwan Kamil.* (TISHA S KANILAH)

 

Baca juga: Reformasi untuk Hasilkan ASN yang Adaptif Terhadap Disrupsi

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait