Rekomendasi 3 Wisata Alam yang Ada di Jawa Tengah

Wisata —Sabtu, 26 Aug 2023 13:25
    Bagikan  
Rekomendasi 3 Wisata Alam yang Ada di Jawa Tengah
Ilustrasi wisata alam yang ada di Jawa Tengah. (Pinterest / @mascandra)

POSTPANGANDARAN,- Saat ini banyak sekali anak muda yang memilih nongkrong di café dari pada menghabiskan waktu untuk jalan-jalan ke alam terbuka.
Tetapi banyak juga sebagian orang dan anak muda suka menelusuri keindahan alam apalagi mereka adalah pecinta alam.
Keindahan alam dengan udara yang sejuk di tambah melihat air terjun yang mengalir deras di mana kita yang melihat dan mendengarnya, tentu saja itu akan menyejukan hati kita.
Tidak peduli dengan jalanan yang jauh, lelah, jalanan bebatuan yang terpenting saat kita sampai. Kita akan di suguhkan dengan keindahan alam yang benar-benar indah, dan banyak yang bilang jika kita sudah sampai dan melihat curug atau air terjunnya tentu saja rasa lelah itu seketika hilang.
Jangan terlalu jauh untuk berwisata ke kota lain, yang tentunya kota sendiri saja masih banyak wisata yang belum kita kunjungi.
Untuk warga Jawa Tengah kalian bisa menikmati 3 curug ini dengan pemandangan yang sangat indah, bahkan mungkin kalian bisa ketagihan untuk datang ke sini.
Inilah dia rekomendasi 3 curug yang ada di Jawa Tengah;

1. Curug Jenggala
Tempat wisata alam ini ternyata belum banyak orang yang mengetahuinya. Padahal curug ini sangat indah dan menyejukan jika kalian kesini.
Karena curug ini ternyata baru ditemukan, namun walaupun baru ditemukan ternyata sudah banyak sekali wisata yang sudah mengunjungi tempat ini.
Curug jenggala ini ternyata terletak didalam lahan milik perhutani KPH Banyumas Timur yang berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden.
Masuk ke sini kalian hanya membayar Rp.10,000 / orang , dan curug ini beroperasional dari jam 07.00 – 15.30.
Air terjun ini bisa kalian kunjungi kapan saja dan tidak hanya dibuka pada saat hari libur saja, namun biasanya, wisata ini akan padat jika kalian mengunjungi pada hari libur.
Tempat ini baru menyediakan toilet dan tempat ganti baju saja, dikarenakan baru, maka fasilitas di sini baru sedikit, karena fasilitasnya yang sangat minim maka kalian harus lebih bersabar menggunakan fasilitas ini saat tempat ini sedang di penuhi oleh pengunjung.
Bagi kalian yang berdatangan jauh dengan sengaja ingin menikmati wisata ini kalian tidak perlu khawatir karena di dekat wisata ini terdapat beberapa tempat penginapan yang bisa anda sewa. Kalian jangan khawatir, meskipun tempatnya minim dengan fasilitasnya namun tempat ini tetap ramai di kunjungi oleh para pengunjung.
Jika kalian ingin berfoto kalian bisa menemukan adanya sebuah deck kayu yang berbentuk hati tepat berada di depan air terjun.
Jika kalian kesini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan dari jalur trekking yang sangat keren, kita akan melewati jalan setapak yang kurang lebih 800 meter, jika kalian merasa lelah, kalian bisa menggunakan jasa ojek untuk melewati jalur ini.

Baca juga: Manfaat Work From Café Bagi Karywan: Produktivitas Tinggi dan Keseimbangan Kehidupan


2. Curug lawe
Air yang ada di curug ini terlihat seperti benang-benang putih, karena itu curug ini disebut dengan curug lawe.
Ada versi yang menjelaskan kenapa dinamakan dengan curug lawe karena konon jumlah air terjun yang ada, baik yang besar hingga yang terkecil berjumlah 25 buah yang dalam Bahasa Jawa yaitu selawe.
Curug ini berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
Jika kalian datang ke sini kalian akan berjalan kaki dari tempat parkir sekitar 30 menit lamanya, kenapa kalian ke sini harus jalan kaki, di karenakan kondisi jalan setapak yang relatif datar.
Ada dua jalan jika kalian ingin datang ke sini, kalian akan di lihatkan dua jalan berbeda yaitu ada jalur lama dan jalur baru. Jika kalian memilih jalur lama kalian akan melewati panjang saluran dan jembatan dan tentunya itu bagian sisi kiri adanya jurang yang sangat curam.
Sedangkan jalur baru kalian akan melewati sendang pengantin kemudian turun ke arah bendungan melewati pinggiran sungai.
Jika kalian datang ke sini kalian hanya membayar tiket Rp.8,000 / orang, dan untuk parkir kalian akan di kenakan tarif Rp3,000 – Rp10,000 tergantung jenis kendaraan apa yang kalian parkirkan.

3. Grojagan Sewu
Alam wisata grojogan sewu ini sangat menakjubkan mata dikarenakan masih sangat terjaga keaslian lingkungannya. Masih banyak pepohonan rindang yang tumbuh sehingga membuat nuansa disini begitu adem dantentu nya sangat nyaman.
Air terjun grojogan sewu ini termasuk di dalam wisata tawang mangu yang tentunya tidak pernah sepi dari pengunjung.
Kalian bisa datang ke sini dengan keluarga kalian atau dengan orang terkasih kalian. Ternyata tempat ini bukan hanya dikunjungi oleh warga lokal saja, namun wisata ini telah dikunjungi dari mancanegara.
Alamat Grojogan Sewu berada di Jln. Raya Twangmangu, Desa Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kab. Karanganyar Provinsi Jawa Tengah.
Itulah beberapa wisata alam dengan keindahan air terjun yang sangar menyejukan mata, maka dari itu kalian wajib sekali untuk datang ke sini.

Baca juga: Kadin Kota Bandung Gelar Program Upskilling dan Reskilling bagi Guru Kejuruan Berstandar Industri

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait