Fear Of Abandonment “Kondisi yang Membuat Seseorang Takut Ditinggalkan Oleh Orang Terdekatnya”

Kesehatan —Senin, 26 Apr 2021 10:54
    Bagikan  
Fear Of Abandonment “Kondisi yang Membuat Seseorang Takut Ditinggalkan Oleh Orang Terdekatnya”
Image/Unsplash

DEPOSTPANGANDARAN

Ketakutan merupakan suatu respons terhadap ancaman seperti ancaman bahaya. Rasa takut adalah salah satu dari emosi dasar selain kebahagiaan.

Ketakutan yang dialami oleh seseorang ketika tidak ingin ditinggalkan oleh orang terdekatnya memanglah hal yang biasa. Tapi apa kamu tahu jika ketakutan itu disebabkan karena apa?

Setiap orang mungkin pernah merasakan takut ditinggalkan oleh orang yang dia sayang. Namun ada sebuah kondisi yang membuat seseorang takut ditinggalkan oleh orang terdekatnya yaitu fear of abandonment.

BACA JUGA: Resep Makanan, Cara Membuat Lobster Pangandaran Bumbu Asam Manis

Kondisi itu dimana seseorang merasakan ketakutan yang luar biasa jika orang terdekatnya akan pergi meninggalkannya.  

Gejala yang biasa dialami seperti sensitif terhadap kritik, sulit mempercayai orang lain, sulit memulai hubungan pertemanan baru, sangat menghindari berpisah dengan orang terdekat, menghindari penolakan, mengulang hubungan asmara yang tidak sehat, sulit berkomitmen, selalu berusaha menyenangkan orang terdekat, dan menyalahkan diri sendiri bila situasi tidak berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Streaming Drama Korea Sub Indo Vincenzo Cassano Episode 17, Pembalasan Vincenzo yang Lebih Menakutkan dari Kematian

Penyebab kondisi fear of abandonment ini bisa terjadi karena trauma ditinggalkan, ditelantarkan ataupun ditolak dari lingkungan, dan bisa juga karena ada masalah perilaku.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah berhenti menghakimi diri sendiri dan ingat hal-hal positif yang kita miliki. Kemudian coba untuk bersosialisasi berdasarkan rasa percaya.

Apakah kamu termasuk dalam kondisi fear of abandonment “ketakutan yang berlebihan ditinggalkan orang terdekatnya”. (put)

BACA JUGA: Fear Of Abandonment “Kondisi yang Membuat Seseorang Takut Ditinggalkan Oleh Orang terdekatnya”

Editor: Admin
    Bagikan  

Berita Terkait