Mitos Segitiga Bermuda, Simak Faktanya

Pendidikan —Jumat, 18 Nov 2022 15:59
    Bagikan  
Mitos Segitiga Bermuda, Simak Faktanya
Segitiga Bermuda.*(FOTO: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,- Nama segitiga Bermuda memang kerap kali dihubungkan dengan kejadian-kejadian misteri. Hal itu karena banyak kapal laut dan pesawat yang hilang tanpa jejak di perairan yang terletak diantara Pulau Bermuda, Kepulauan Karibia dan daratan Amerika Serikat.

Kejadian pertama yang dketahui pernah terjadi di segitiga Bermuda itu terjadi pada tahun 1844 yang di alami Kapal Inggris, HMS Atlanta. Kapal itu hilang tanpa jejak saat berlayar dari Bermuda menuju ke Inggris.

Meskipun sudah ada kejadian sejak lama, kejadian ini baru menjadi perhatian khalayak pada abad ke-20. Ketika kapal kargo Angakatan Laut AS, USS Cyclops yang mengangkut 300 orang di dalamnya secara misterius hilang di segitiga Bermuda.

Dikutip dari Marine Insight, saat kejadian, kapal tersebut tengah dalam pelayaran dari AS menuju Brazil. Dari insiden itu yang menandai hilangnya nyawa terbesar alam sejarah Angkatan Laut AS dalam satu kejadian kecelakaan.

Tidak hanya itu, kejadian misterius kembali terjadi disana pada tanggal 5 Desember 1945. Saat out, lima pesawat pembom torpedo Angkatan Laut AS yang dikenal dengan Penerbangan 19 lepas landas dari pangkalan Florida mereka dalam misi pelatihan rutin.

Baca juga: Lawan Prancis, Tim U-20 Indonesia Mendapat Pengalaman Berharga

Namun selang beberapa jam, semua 14 awak dan pesawat mereka menghilang setelah memasuki Segitiga Bermuda. Beberapa pilot melaporkan kompas mereka tidak berfungsi karena badai besar tiba-tiba datang.

Saat itu, sempat terdengar kapten pesawat, Letnan Charles Taylor di radio. “Kami memasuki air putih, namun ada yang tidak beres. Kami tidak tahu lokasi kami dimana, airnya hijau, bukan putih.” Begitu katanya.

Dari rangkaian kejadian ini, beberapa pihak memberikan penjelasan bahwa ada kekuatan supranatural di wilayah tersebut. Ada juga insiden dengan makhluk ghaib yang tinggal di kota bawah laut Atlantis.

Atlantis adalah kota yang tiba-tiba hilang setelah mengalami bencana yang membuat kotanya terendam air.

Walaupun begitu, saat ini wilayah itu tidak begotu menyimpan keangkeran. Karena, sudah mulai banyak penerbangan yang melewati segitiga Bermuda dengan selamat.

Seperti yang tertera di aplikasi pelacakan pesawat Flightradar24, dicatat ada beberapa pesawat rute Pantai Timur AS menuju Amerika Selatan dan Karibia yang melewati segitiga Bermuda.

Karena itu, sisi mistis dari segitiga Bermuda perlahan mulai hilang. Wilayah itu kini juga menjadi lintasan kapal-kapal pesiar yang menarik bagi para wisatawan mancanegara. –zz-

Baca juga: Twitter Akan Dihapus, Ulah Elon Musk?

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait