Pahami Tips Main Billiard Bagi Pemula & Aturan Bermainnya

Olahraga —Sabtu, 22 Jul 2023 09:58
    Bagikan  
Pahami Tips Main Billiard Bagi Pemula & Aturan Bermainnya
FOTO:*PINTEREST

POSTPANGANDARAN,- Biliar adalah salah satu jenis olahraga yang digemari banyak orang, terutama anak muda. Secara umum, cara bermain biliar dilakukan dengan mendorong (menyodok) bola-bola kecil yang telah diberi nomor supaya bisa masuk ke dalam lubang-lubang yang ada di sisi meja.

Bola-bola biliar disodok dengan menggunakan tongkat panjang yang disebut dengan stik biliar atau kiu (cue).  

CARA DASAR BERMAIN BILIAR

Jenis permainan biliar yang paling populer adalah biliar Inggris. Permainan biliar ini dapat dilakukan secara tunggal atau tim. Sebelum bermain, perlu disetujui terlebih dahulu poin yang dibutuhkan untuk menang (biasanya 300). Setelah poin disepakati, berikut adalah cara bermain biliar Inggris dan peraturannya yang perlu lo pahami.

· Cara bermain biliar Inggris dilakukan dengan tiga bola yang terdiri dari bola merah, kuning, dan putih.

· Kedua pemain memiliki bola kiu (cue ball) sendiri. Pemain pertama memiliki bola putih dan pemain kedua memiliki bola kuning.

· Sebelum permainan dimulai, kedua pemain memukul bola kiu bersamaan hingga terpantul pada tepi meja dan kembali ke arah pemain. Pemain yang bolanya lebih dekat ke tepi dapat memilih siapa yang memulai tembakan (sodokan) pertama terlebih dahulu.

· Bola merah ditaruh di meja biliar. Pemain yang mulai pertama menempatkan bola kiunya di dalam D dan membuat sodokan pertama.

· Cara bermain biliar dilakukan secara bergiliran, di mana kedua pemain mencoba mencetak jumlah poin terbanyak untuk memenangkan permainan.

· Pemain yang sedang mendapat giliran bisa tetap bermain sampai ia gagal memasukkan bola ke dalam lubang.

· Pemenang permainan adalah pemain pertama yang mencapai total poin yang telah ditentukan sebelum pertandingan.

Pemain bisa mencetak angka dalam olahraga biliar dengan cara:

Baca juga: Rekomendasi Coffe Shop Terbaik di Bandung

In-off: ini terjadi ketika pemain menyodok bola kiu mereka, lalu mengenai bola lainnya dan masuk ke dalam lubang. Skor tiga poin dapat diberikan jika bola merah yang terkena bola kiu, sementara dua poin diberikan jika mengenai bola kiu pemain lainnya terlebih dahulu.

Pot: ini terjadi ketika bola merah masuk ke dalam lubang setelah terkena bola kiu yang disodok pemain. Skor yang diberikan adalah tiga poin. Jika bola kiu pemain mengenai bola kiu lainnya dan masuk ke dalam lubang, skornya adalah dua poin.


Cannon: bola kiu mengenai bola merah atau bola kiu lainnya secara bersamaan (2 poin).

PERLENGKAPAN BILLIARD YANG PERLU DIPERSIAPKAN

Apa saja perlengkapan billiard yang sebaiknya nggak dilewatkan? Simak penjelasannya lebih lengkap di bawah ini:

Meja billiard: Meja billiard mempunyai ukuran yang dua kali lipat lebih panjang dari pada lebarnya. Permukaan meja dilengkapi dengan papan yang dibalut kain tenunan wol.

Stik billiard (Kiu): Stik billiard atau kiu adalah alat yang digunakan untuk memukul, mendorong, atau menyodok bola. Stik ini memiliki panjang sekitar 100 – 150 cm. Ujung tongkatnya dibuat lebih kecil agar mampu mendorong bola kiu lebih kuat.


Bola biliar: Bola biliar mempunyai diameter 5,7-6 cm. Umumnya, bola billiard yang banyak dijual di pasaran terbuat dari berbagai jenis bahan plastik.

Kapur billiard: Kapur ini digunakan dengan digosokkan ke ujung stik billiard. Dengan menggunakan kapur ini, maka pemain bisa memukul bola kiu lebih akurat.

Setelah mengetahui langkah-langkah di atas, pastinya lo nggak lagi berpikir bahwa billiard adalah olahraga yang sulit dilakukan. Dengan mempraktekkan cara bermain billiard di atas, maka lo bisa menjadi pemain profesional yang sulit dikalahkan oleh lawan. (sptn)

Baca juga: Mitos Cicak Jatuh di Bagian Tubuh, Ini yang Akan Terjadi!

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait