Ketahui Inilah 5 Cara Meredakan Nyeri Saat Haid, Aman dan Efektif untuk Dicoba

Kesehatan —Jumat, 27 Oct 2023 13:34
    Bagikan  
Ketahui Inilah 5 Cara Meredakan Nyeri Saat Haid, Aman dan Efektif untuk Dicoba
Ilustrasi datang bulan. (Unsplash / Alisia Petresc)

POSTPANGANDARAN,- Nyeri perut saat menstruasi terjadi karena otot-otot rahim mengalami kontraksi.

Rasa nyeri tersebut terkadang tak tertahankan hingga menuntut Anda untu mencari cara meredakan nyeri haid yang aman dan efektif.

Nyeri otot yang muncul saat haid tentu bisa mengganggu kamu beraktivitas sepanjang hari.

Untungnya, gejala umum menstruasi tersebut bisa diatasi dengan melakukan perubahan gaya hidup, pola makan dan perawatan rumahan.

Mengutip dari Halodoc.com, berikut 5 cara ampuh meredakan nyeri saat haid yang aman dan efektif untuk dicoba.

 

  • Konsumsi Makanan Antiinflamasai yang Kaya Magnesium

Makanan tertentu bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh, sementara yang lain memiliki sifat antiinflamasi seperti antioksidan yang baik untuk persendian.

Cara untuk mengatasi nyeri otot saat menstruasi, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan olahan, lemak jenuh hewani, karbohidrat olahan dan gula, serta kafein dan alkohol.

Sebaliknya, kamu dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, dan konsumsi buah dan sayuran segar seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak untuk mendapatkan asupan magnesium dan omega-3 yang memiliki sifat anti inflamasi yang baik.

Baca juga: Sejarah Singkat Sumpah Pemuda dan Makna di Dalamnya, Diperingati Setiap 28 Oktober

  • Olahraga Ringan

Olahraga membantu meningkatkan aliran darah, sehingga oksigen bisa dikirim secara efisien ke persendian dan otot kamu. Olahraga juga membantu meningkatkan kadar bahan kimia yang disebut endorfin. Kekurangan endorfin bisa membuat kamu lebih rentan terhadap rasa sakit.

 

  • Mengaplikasikan Kompres Hangat

Meskipun hanya memberi kelegaan sesaat, kompres hangat mampu mengurangi nyeri otot dalam banyak kasus. Kompres hangat meredakan nyeri dengan cara memblokir reseptor rasa sakit untuk sementara. Selain itu, menerapkan kompres hangat juga membantu pembuluh darah lokal melebar yang memungkinkan lebih banyak nutrisi dikirim ke area yang terasa nyeri.

 

  • Pijat atau Akupuntur

Beberapa pengobatan alternatif, seperti pijat dan akupuntur bisa membantu meringankan nyeri otot atau sendi bila hal itu mengganggumu dari bulan ke bulan. Namun, pilihlah tukang pijat atau ahli akupuntur yang baik.

 

  • Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kram saat haid bisa jadi karena Anda dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih kurang lebih 2 liter per harinya.

Sebagai asupan minum tambahan, Anda bisa membuat jus buah tanpa tambahan gula. Buah memiliki rasa manis alami, sehingga Anda tetap bisa menikmatinya meski tanpa gula. Anda juga dapat mengonsumsi minuman lemon hangat atau jahe. Kedua minuman tersebut memiliki efek menenangkan yang baik untuk mengurangi nyeri haid. (siska)

Baca juga: Biografi dan Profil Lengkap Cristiano Ronaldo Salah Satu Atlet Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait