Sering Nyeri Saat Haid? Begini Cara Meredakan Nyerinya

Kesehatan —Jumat, 9 Dec 2022 16:43
    Bagikan  
Sering Nyeri Saat Haid? Begini Cara Meredakan Nyerinya
Ilustrasi.* (FOTO: Pinterest)
p>POSTPANGANDARAN,- Lebih dari separuh perempuan kerap merasa sakit perut saat haid. Dari perut, rasa sakit bisa menjalar hingga pinggang, punggung bagian bawah, hingga bagian dalam paha. Rasa sakit itu sudah pasti sangat mengganggu aktivitas para perempuan. Apalagi jika intensitas rasa sakit terbilang tinggi. Produktivitas pun bisa turun ketika sakit perut sangat terasa karena sulit berkonsentrasi dalam bekerja.


Sakit Perut Saat Haid Apakah Berbahaya?

Sejatinya, sakit perut saat haid adalah hal yang wajar. Bagi banyak perempuan, nyeri itu menjadi rutinitas saat datang bulang. Dalam istilah medis, sakit perut yang terjadi saat menstruasi ini disebut dismenorhea. Perut kadang juga seperti tertekan sehingga terasa sangat tidak nyaman.

Meski begitu, sakit perut saat haid yang berlangsung lama dan ekstrem tidaklah normal. Dua hingga tiga hari nyer masih bisa dianggap normal. Jika lebih dari itu, apalagi perut terus terasa sakit hingga akhir menstruasi, hati-hati. Mungkin ada masalah kesehatan tertentu yang menyebabkannya.

Namun jangan khawatir berlebihan. Coba cek dulu apakah ada gejala yang menyertai rasa sakit perut saat haid itu. Misalnya:

  • Darah yang keluar amat banyak
  • Siklus menstruasi tak teratur
  • Panggul terasa nyeri walau tak menstruasi
  • Keluar flek darah ketika tidak datang bulan
  • Sulit hamil
  • Muncul rasa sakit saat berhubungan seksual

Bila ada satu atau lebih dari daftar gejala itu yang dialami, harus ada tindak lanjut berupa pemeriksaan medis oleh dokter. Tapi bila tidak pun Anda bisa mendatangi dokter guna mengetahui dengan pasti apa penyebab rasa sakit saat haid yang mengganggu produktivitas itu.

Baca juga: Sinopsis Imperfect The Series 2

Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

Sakit perut saat haid umumnya bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Biasanya pada hari ketiga nyeri itu sudah mulai mereda. Namun ada beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit di perut yang mengganggu aktivitas sehari-hari baik secara alami maupun dengan obat.

1. Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Secara Alami

Ada setidaknya 10 cara mengatasi sakit perut saat haid secara alami, yaitu:

2. Minum lebih banyak air

Perut yang terisi gas akan menambah ketidaknyamanan akibat nyeri haid. Minum air putih lebih banyak bisa membantu mengurangi gas dan meredakan ketidaknyamanan. Minumlah air yang hangat karena bisa sekaligus membuat otot lebih rileks.

3. Minum teh herbal

Teh herbal memiliki kandungan yang dapat meredakan peradangan dan kekakuan otot, termasuk otot rahim. Teh herbal seperti chamomile dan teh jahe juga dapat meredakan stres dan membantu mengatasi masalah insomnia.

4. Makan makanan anti-peradangan

Sejumlah bahan pangan mengandung zat anti-peradangan yang dapat membantu melancarkan aliran darah dan mengendurkan otot rahim. Contohnya beri-berian, tomat, nanas, bawang, dan jahe, Sayuran, kacang-kacangan, dan ikan berlemak juga bisa menjadi alternatif.

5. Hindari makanan tak sehat

Makanan yang mengandung banyak gula, lemak jenuh, dan garam bisa memicu akumulasi gas dan peradangan di perut sehingga sakit perut saat haid bertambah parah.

6. Kurangi kafein

Kafein yang terkandung dalam berbagai jenis minuman bisa menambah penyempitan pembuluh darah sehingga nyeri perut menjadi lebih terasa. Karena itu, kurangi atau bila memungkinkan tak perlu mengonsumsi kafein dulu jika perut terasa sakit saat haid.

7. Konsumsi suplemen

Bila perlu, konsumsi suplemen tertentu yang bisa meredakan peradangan. Misalnya vitamin D, vitamin E, magnesium, dan omega-3. Sebaiknya tanya dokter dulu sebelum memutuskan menggunakan suplemen demi keamanan.

8. Mandi air hangat

Air hangat bisa membantu membuat otot tubuh lebih rileks dan menurunkan tensi sekaligus memperlancar aliran darah sehingga keram otot berkurang. (RA)

 

Baca juga: Gempa Bumi Cianjur: Nilai Bantuan Renovasi Rumah Warga Bertambah

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait