Peranan Apoteker Agent of Change (AoC) dalam Mendukung Program Vaksin Covid-19

Kesehatan —Rabu, 28 Jul 2021 00:54
    Bagikan  
Peranan Apoteker Agent of Change (AoC) dalam Mendukung Program Vaksin Covid-19
Peranan Apoteker Agent of Change (AoC) dalam Mendukung Program Vaksin Covid-19/ Sambutan Dekan Sekolah Farmasi ITB, Prof. Dr. apt. I Ketut Adnyana (foto: tangkapanlayar)

PANGANDARAN,DEPOSTPANGANDARAN

Kementerian Kesehatan semenjak tahun 2015 telah menggalakan program Gerakan Masyarakat Cerdas Memilih Obat (GeMa CerMat) dengan ujung tombak pelaksana adalah apoteker agen pembawa perubahan atau apoteker Agent of Change (AoC). Peranan apoteker AoC adalah mengedukasi masyarakat agar cerdas dalam menggunakan obat. Selama masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan AoC hanya memanfaatkan media online seperti radio untuk mengedukasi masyarakat.

Dalam program vaksinasi Covid-19, peranan apoteker AoC sangat diperlukan untuk mengedukasi masyarakat terkait vaksin Covid-19 agar masyarakat dapat menerima informasi yang akurat dan membuka wawasan masyarakat untuk menerima dan mengikuti program vaksin Covid-19.

Oleh karena itu Sekolah Farmasi ITB dengan pendanaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan peranan apoteker AoC dalam mengedukasi masyarakat dan sasaran lebih panjangnya adalah mengedukasi masyarakat terkait vaksin Covid-19.

Baca juga: 5 Hantu Malih Rupa yang Bisa Berubah Wujud Menyerupai Orang, Waspada Siapa Tahu Ada di Dekatmu!

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Sumarno Bersaksi Kejahatan Elsa pada Polisi , Elsa Melarikan Diri

Kegiatan yang di Ketuai oleh dosen muda SF ITB, Bhekti Pratiwi, M.Si ini dibagi menjadi dua tahapan yaitu Pembekalan Apoteker AoC, dan Edukasi kepada kader atau tokoh masyarakat oleh Apoteker AoC di wilayah tempat kerjanya.

Kegiatan Pembekalan Apoteker AoC telah dilaksanakan secara daring pada Sabtu, 24 Juli 2021 dan dihadiri oleh 21 orang Apoteker AoC dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Garut dan Kabuapetan Tasikmalaya. Kegiatan pembekalan dibuka dengan sambutan oleh Dekan Sekolah Farmasi ITB, Prof. Dr. apt. I Ketut Adnyana dan dilanjutkan dengan penyampaian materi Pembekalan Apoteker AoC oleh Dr. rer. nat. apt. Catur Riani.

Dalam sambutannya Prof. Ketut mengharapkan peranan apoteker untuk mensukseskan program vaksin covid-19. Materi yang disampaikan meliputi istilah umum Covid-19, struktur virus penyebab Covid-19 yaitu SARS-CoV-2, varian dan urutan genom, jenis vaksin Covid-19, cara kerja vaksin Covid-19, efek samping vaksin Covid-19, efektivitas vaksin Covid-19, dan kehalalan vaksin Covid-19.

"Dalam pemaparan tersebut kami juga memberikan tips cara penyampaian informasi kepada masyarakat oleh apoteker AoC yang menitik beratkan pada manfaat vaksin yang lebih besar daripada risiko," kata Ketut dalam keterangan tertulisnya yang masuk kedapur redaksi DEPOSTPANGANDARAN.

Baca juga: Resep Masakan, Cara Membuat Sayur Asem Sederhana Khas Daerah Jawa

Baca juga: Drama Korea The Witch’s Diner Episode 3 Sub Indo, Sup Ayam Tumbal 2 Jari

Kata dia, Apoteker AoC sangat antusias terhadap materi yang disampaikan dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dan hasil post test rata- lebih dari 70.

Kegiatan pembekalan ditutup dengan penyampaian teknis dan metode Edukasi kepada kader atau tokoh masyarakat oleh Apoteker AoC yang akan dilaksanakan pada 2 - 10 Agustus 2021 mendatang.

Menurut dia, edukasi dapat dilakukan secara tatap muka langsung apabila keadaaannya memungkinkan atau secara daring menggunakan platform meeting online yang disediakan oleh panitia. Media pendukung edukasi yang dapat digunakan diantaranya buku saku dan brosur yang disusun oleh tim dosen sekolah farmasi ITB.

"Apoteker AoC akan melakukan edukasi sebanyak tiga kali kepada kader atau tokoh masyarakat, sebelum pemberian edukasi akan diberikan pretest untuk mengetahui pemahaman awal kader atau tokoh masyarakat seputar vaksin Covid-19 dan di akhir pelaksanaan edukasi akan diberikan posttest untuk mengetahui pemahaman kader atau tokoh masyarakat setelah edukasi yang disampaikan oleh Apoteker AoC," terangnya.

Ketut berharap, rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk bersedia mengikuti vaksinasi dan dapat membantu perlawanan terhadap Covid-19 di Indonesia. (rls)

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Rabu 28 Juli 2021, Capricorn Temukan Seseorang Leo Mudah Bosan

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 27 Juli 2021, Taurus mulai Fokus Sagitarius Introspeksi Diri

Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait