Sejarah Perayaan Hari Halloween

Hiburan —Sabtu, 29 Oct 2022 10:06
    Bagikan  
Sejarah Perayaan Hari Halloween
Halloween.*(FOTO: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,- 31 Oktober adalah sebuah hari yang dirayakan sebagai hari Halloween.

Di perayaan hari Halloween, biasanya akan menggunakan kostum-kostum dengan tema yang menyeramkan. Hari Halloween juga identic dengan lentera dari buah labu yang dilubangi dan membentuk wajah Jack O’Lantern.

Jadi, darimanakah asal-usul hari Hallowee itu?

Halloween berasal dari Festival bangsa Celtic Kuno, yaitu Festival Samhain.

Bangsa Celctic yang hidup 2000 tahun lalu merayakan tahun baru mereka pada 1 November. Mereka percaya bahwa pada malam sebelum tahun baru, batas antara dunia orang hidup dan orang meninggal menjadi kabur.

Halloween setiap 31 Oktober

Karena itu, pada malam 31 Oktober, merak merayakan Samhain. Waktu dimana bahwa orang mati kan kembali ke bumi.

Selain menyebabkan masalah dan merusak tanaman, kehadiran roh dari dunia lain ini bisa membantu pendeta Celtic untuk meramal masa depan. Dan untuk memperingati hal itu, pendeta Celtic aka membuat api unggun yang besar untu membakar tanaman dan hewan sebagai persembahan mereka kepada dewa.

Baca juga: Motor Listrik Honda U-Go, Berapa Harganya?

Selama perayaan ini berlangsung, mereka akan mengenakan kostum yang biasanya berupa kepala dan kulit binatang untuk mengusir para hantu. Sete;ah perayaan berakhir, bangsa Cektic akan merayakan kembali perapian untuk melindungi mereja selama musim dingin yang akan datang.

Perayaan malam All Hllows pun mirip dengan Festival Samhain, yaitu dengan api unggun besar, parade dan juga memakai kostum sebagai malaikat atau iblis. Perayaan sebelumnya disebut sebala All Hallows Eve dan kemudian dikenal sebagai Halloween.

Jack O Lantern, symbol Haloween

Halloween disimbolkan dengan labu yang dibentuk menyerupai wajah menyeramkan. Karaktek ini disebut sebagai Jack O’Lantern.

Jack O’Lantern adalah arwah yang berkeliaraan smabil membawa lentera karena dirinya berhasl menipu iblis agar tidak dimasukan ke dalam neraka.

Tetapi, tidak diizinkan masuk ke surge karena dosa-dosanya. Legenda ini direpresentasikan menjadi labu seram yang diletakan di depan rumah. . (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Resep Empal Gentong, Makanan Khas Cirebon

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait