Gempa di Cianjur Disebut BMKG Bersifat Gempa Dangkal tapi Merusak

Berita —Selasa, 22 Nov 2022 09:40
    Bagikan  
Gempa di Cianjur Disebut BMKG Bersifat Gempa Dangkal tapi Merusak
Korban Gempa Bumi Cianjur.*(FOTO: Istimewa)

POSTPANGANDARAN, (TASIKMALAYA).- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa magnitudo 5,6 yang terjadi di Cianjur, Senin (21/11/2022) termasuk kategori gempa dangkal, namun bersifat merusak.

"Perlu kita ketahui bahwa wilayah Sukabumi, Cianjur, Lembang, Purwakarta, juga Bandung itu secara tektonik merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks, disebut aktif memang kawasan ini sering terjadi gempa," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono saat konferensi pers melalui Zoom Meeting, Senin (21/11/2022).

Daryono menyebut wilayah cenderung sering terdampak gempa dangkal, karena ada beberapa sesar-sesar yang ditemukan di wilayah tersebut.

Baca juga: Update, Korban Meninggal Dunia Akibat Gempa Cianjur Menjadi 162 Orang

"Jadi kompleksitas tektonik ini memicu, berpotensi memicu terjadinya gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake, fakta tektonik semacam ini menjadikan kawasan tersebut menjadi kawasan rawan gempa secara permanen, dan dengan karakteristik gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake ini," ucapnya.

Karakteristik gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake ini, terang Daryono, gempanya tidak harus berkekuatan besar untuk menimbulkan kerusakan, karena gempanya rata-rata dangkal, bisa kurang dari 10 kilometer, bisa kurang dari 15 kilometer, dan itu tidak butuh kekuatan besar misalnya di atas (magnitudo) 7, tapi kekuatan (magnitudo) 4, 5, 6 itu sudah bisa timbulkan kerusakan yang signifikan.

Tim SAR Gabungan terus melakukan evakuasi di reruntukan rumah warga dalam keadaan gelap gulita dan berdasarkan data dari Basarnas dan Koordinasi dengan pihak Dinkes Cianjur korban meninggal bertambah menjadi 68 orang, 139 Luka berat, 42 Luka Ringan."Semua korban dievakuasi ke RSUD Cianjur dan RSUD Cimacan," pungkasnya.(Alni)

Baca juga: Gempa Bumi Cianjur, Korban Bertambah Menjadi 56 Orang

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait