Wisata Edukasi di Pangandaran, Menelusuri Catatan Sejarah di Situs Kalde

Wisata —Senin, 29 May 2023 10:12
    Bagikan  
Wisata Edukasi di Pangandaran, Menelusuri Catatan Sejarah di Situs Kalde

POSTPANGANDARAN,- Kabupaten Pangandaran yang merupakan Daerah Otonom Baru kini menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di wilayah Provinsi Jawa Barat yang memiliki destinasi pariwisata yang beragam, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata buatan dan aneka kuliner khas Pangandaran. Daya tarik wisata yang menakjubkan, atraksi wisata yang unik, keragaman budaya dan kearifan lokal yang dimiliki Pangandaran akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

Keindahan alam dan potensi pariwisata di Kabupaten Pangandaran dinilai sebagai sebuah anugerah luar biasa karena dengan keindahan tersebutlah Kabupaten Pangandaran yang belum genap 11 tahun telah banyak mengalami kemajuan khususnya dalam bidang infrastruktur termasuk infrastruktur pariwisata. Selain itu, manajemen pariwisata yang baik juga sangat andil dalam mengoptimalkan potensi pariwisata di Kabupaten Pangandaran.

Tidak hanya keindahan alamnya yang eksotik, Pangandaran juga dikaruniai dengan peninggalan sejarah yang dijadikan wisata budaya dan sejarah, salah satunya adalah Situs Batu Kalde yang terletak di daerah Pananjung, Pangandaran tepatnya berada di Cagar Alam Pantai Pangandaran.

Baca juga: Begini Kondisi Zalnando Sekarang

Pada tempat tersebut, terdapat balok-balok batu, baik yang masih terkubur di dalam tanah ataupun yang berserakan di permukaan tanah. Selain itu, terdapat arca nandi, yoni, lingga, dan struktur bangunan candi yang masih tertanam di dalam tanah. Benda-benda tersebut menunjukkan bahwa bangunan yang dahulu berdiri di situs tersebut, tentunya bernafaskan agama Hindu, bahkan disinyalir bangunan tersebut disebut Candi Pananjung.

Situs ini dinamakan Batu Kalde karena terdapat sebuah arca sapi yang diartikan masyarakat sebagai “kalde”, bahasa Sunda dari keledai karena bentuknya yang mirip dengan hewan tersebut. Namun sebenarnya arca tersebut adalah Nandi, wahana (kendaraan) dari Dewa Siwa dalam mitologi Hindu.

Situs Batu Kalde Pangandaran kini jadi salah satu lokasi wisata edukasi. Jadi Wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran tidak hanya disuguhi keindahan alam yang masih murni, namun juga bisa menelusuri catatan sejarah Pangandaran yang ada di Situs Batu Kalde.

Baca juga: Jabar Siap Gelar PPDB 2023/2024

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait