Mengenal Nyi Bomas Inten, Urband Legend dari Telaga Biru Cicerem

Wisata —Selasa, 24 Jan 2023 15:16
    Bagikan  
Mengenal Nyi Bomas Inten, Urband Legend dari Telaga Biru Cicerem
Patung Nyi Bomas Inten, Telaga Biru Cicerem.*(FOTO: istimewa)

POSTPANGANDARAN,- Telaga Biru Cicerem adalah salah satu destinasi wisata di Kuningan yang populer di media sosial. Terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabiupaten Kuningan.

Keindahan air danau yang jernih berwarna biru dengan ribuan ikan yang berwarna-warni dan dapat dilihat dengan mudah menjadi daya tarik bagi wisata ini.

Namun, dibalik keindahan dari Telaga Biru Cicerem, ternyata ada kisah legenda di dalamnya.

Kisah legenda ini berasal dari seorang wanita bernama Nyi Bomas Inten. Nyi Bomas Inten. Pengelola dari Telaga Biru Cicerem bahkan membuat patung yang menggambarkan dari sosok ini.

Patung ini digambarkan seperti perempuan yang membawa boboko yang mengeluarkan air dan menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: India Open 2023: Gagal Bawa Gelar, Fajar/Rian, Jojo dan Ginting Sudah Tampil Maksimal

Diketahui, Nyi Bomas Inten adalah salah satu warga Desa Kaduela yang menikah dengan pria keturunan dari Keraton Cirebon, Syekh Abdul Iman pada zaman Walisongo dahulu kala.

Konon, Nyi Bomas Inten adalah seorang mojang desa yang berkharisma yang melindungi dan juga mengayomi.

Kala itu, Syekh Abdul Iman ditugaskan untuk menyebarkan agama islam di Desa Kaduela yang saat itu masih menganut agama Hindu.

Tidak diketahui pasti bagaimana kisah Nyi Bomas Inten dan Syekh Abdul Ahmad bermula. Namun, sosok Nyi Bomas Inten ini dipercaya masyarakat sekitar masih menjaga temoat ini.

Patung Nyi Bomas Inten juga dibuat agar para generasi mudah mengingat dan menghargai sejarah dari Telaga Biru Cicerem ini. (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Kerajaan Demit di Pabrik Gula, Bagian 34

 

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait