5 Pantai Favorit Di Jawa Barat Versi Smiling West Java

Wisata —Sabtu, 17 Dec 2022 10:04
    Bagikan  
5 Pantai Favorit Di Jawa Barat Versi Smiling West Java
Pantai Batu Karas.*(FOTO: disparbud.jabarprov.go.id)

POSTPANGANDARAN,- Jawa Barat memiliki potensi wisata yang sangat beragam. Salah satunya adalah pantai, yang tersebar di beberapa titik khususnya wilayah Jabar Selatan. Namun sayang, sejumlah pantai belum populer seperti halnya Pantai Pangandaran atau Pantai Palabuan Ratu. Padahal, pantai-pantai di Jawa Barat memiliki pesona alam yang begitu luar biasa indah. Berikut ini, adalah lima pantai favorit di Jawa Barat yang wajib kalian kunjungi:

1. Pantai Karanghawu

 

Mitos Nyi Roro Kidul sangat kental dengan Pantai Karanghawu. Meski demikian, aura horor atau mistis tak bisa mengalahkan pesona keindahan pantai yang terletak di bagian selatan Kabupaten Sukabumi ini. Dengan berbagai keunggulannya, Pantai Karanghawu menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat. Setelah dilakukan revitalisasi, pantai ini semakin cantik karena memiliki beberapa spot foto. Salah satunya adalah tulisan raksasa ‘Pantai Karanghawu’ yang menjadi ikon dari destinasi ini. Wisatawan bisa melakukan sejumlah kegiatan seperti berselancar, memancing, atau wisata kuliner di bibir pantai. Namun pengunjung tidak disarankan untuk berenang, sebab Pantai Karanghawu memiliki ombak yang cukup besar.

Baca juga: Operasi Zalnando Berjalan Lancar Usai Patah Tulang Kaki Kiri

2. Pantai Sayang Heulang

 

Pantai Sayang Heulang terletak di Kecamatan Pamempeuk Kabupaten Garut. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata populer khususnya di wilayah Jawa Barat bagian selatan. Pemandangan Pantai Sayang Heulang sangat luar biasa indah. Wisatawan bisa melihat luasnya pantai yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu wisatawan juga bisa berfoto di beberapa titik yang sangat instagramable. Tak jauh dari Pantai Sayang Heulang, terdapat wisata lainnya yaitu Pantai Santolo Garut. Ketika musim libur tiba, keduanya selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar kota.

3. Pantai Cimanuk

 

Pantai Cimanuk jadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Tasikmalaya. Di pantai ini terdapat tebing tinggi yang jika berdiri di sana, wisatawan dapat melihat landscape pemandangan yang begitu mempesona. Alam di pantai Cimanuk juga masih terjaga dengan sangat asri sehingga menjadi pilihan cocok jika ingin relaksasi. Suasana semakin syahdu saat melihat keindahan matahari tenggelam di ujung lautan.

Baca juga: 6 Manfaat Air Tebu Murni Untuk Kesehatan

4. Pantai Batu Karas

 

Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga sering dikunjungi oleh peselancar kelas dunia. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Pangandaran dan Green Canyon yang merupakan wisata favorit di Jawa Barat. Selain berselancar, banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Batu Karas. Contohnya adalah bermain banana boat, memancing, atau menikmati keindahan laut di atas perahu. Soal fasilitas sarana dan prasarana, wisatawan tak perlu khawatir. Sebab sudah berdiri banyak penginapan dan rumah makan yang dikelola masyarakat sekitar Pantai Batu Karas.

5. Pantai Madasari

 

Pantai Madasari mulai ramai dikunjungi wisatawan. Awalnya pantai ini cukup sepi karena kalah eksis dari Pantai Pangandaran. Namun soal keindahan alam, Pantai Madasari dianugerahi potensi yang sangat menakjubkan. Wisatawan bisa berkemah di bibir pantai dan merasakan keasrian alam di Pantai Madasari.

 

Baca juga: Jawa Barat Raih Tiga Penghargaan Top Digital Awards 2022

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait