Penangkaran Penyu Pangandaran

Wisata —Kamis, 22 Sep 2022 15:55
    Bagikan  
Penangkaran Penyu Pangandaran
Batu hiu.* (FOTO: Pinterest)


POSTPANGANDARAN,- Wisata Pantai Batu Hiu dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat. Namun, di Pantai Batu Hiu bukan saja menyuguhkan view pantai dengan nuansa pemandangan alam laut dan tebing cadas berelief indah.

Ternyata, di sini juga ada wisata edukasi yaitu penangkaran atau konservasi penyu. Wisata edukasi ini bisa menjadi salah satu alternatif saat berkunjung ke Pantai Batu Hiu.

Penangkaran atau Konservasi Penyu Pangandaran dikelola oleh Pelestari Biota Laut (KPBL) yang berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Berjarak sekitar 17km dari Tugu Marlin Pangandaran dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dan masih berada di satu kawasan wisata Batu Hiu menuju arah ke Barat.

Baca juga: One Piece Film: Red Tayang Serentak di Bioskop

Penyu sendiri adalah satwa migran yang seringkali bermigrasi dalam jarak ribuan kilometer antara daerah tempat makan dan tempat bertelur. Tak heran jika populasinya tersebar di seluruh samudera di dunia.

Namun, saat ini hanya tersisa tujuh jenis penyu yang masih bertahan. Yaitu: Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Sisik (Ereymochelys Imbricata), Penyu Kemsp’s Ridley (Lepidochelys Kempi), Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea), Penyu Belimbing (Dermpchelys Coricea), Penyu ipih (Natator Depressus) dan Penyu Tempayan (Caretta careeta).  Ada 5 penyu tersebut, diantaranya ada di penangkaran penyu Batu Hiu.

Di tempat konservasi ini, para pengunjung diperbolehkan untuk bercengkrama dengan biota laut ini. Mulai dari mengelus, memberi makan bahkan bisa juga berfoto berama penyu-penyu lucu yang berada di sini. Kalau sedang beruntung, kamu bisa ikut dalam pelepasan tukik (anak penyu) ke lautan bersama dengan pengelola konservasi.* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Membuat Egg Tart di Rumah, Camilan Kala Bersantai

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait