Tugu Marlin, Apa Maknanya?

Wisata —Senin, 12 Sep 2022 06:28
    Bagikan  
Tugu Marlin, Apa Maknanya?
sumber: touris.pangandarankab.go.id

POSTPANGANDARAN,- Setiap daerah di Indonesia pastinya memiliki lambang yang menjadi ikon bagi daerah itu sendiri.

Letaknya biasaya ada di tengah-tengah ataupun menjadi sentral di kota itu sendiri dan menjadi tanda kejayaan yang mencirikan sebuah wilayah beserta filosofinya ataupun sejarah di masa lalu.

Sama seperti Kabupaten Pangandaran yang memiliki ikon bernama Tugu Marlin atau biasa disebut dengan Bundaran Marlin. Tugu ini menjadi ciri khas dari Kabupaten Pangandaran. Lokasinya ada di tengah-tengah jalur, semua kendaraan baik mobil ataupun motor yang melewati tugu ini dari segala arah. Tepatnya ada di depan Masjid Besar Al-Istiwomah Pangandaran.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Kimbap di Rumah

Filosofi tugu ini sebagai ikon Pangandaran adalah bahwa ikan berjenis Blue Marlin memiliki karakter yang lincah, senang melompat ke udara, atraktif serta mandiri di habitat aslinya.

Kelincahan ini menggambarkan tujuan awal Kabupaten Pangandaran dengan usia yang terbilang masih muda. Di tahun ini, baru mencapai 9 tahun, namun mampu mengimbangi kabupaten atau kota lainnya di Indonesia khususnya Jawa Barat. Mandiri dimaknai dalam bentu pembangunan yang tidak bergantung pada wikayah induk yang terdauu yaitu Kabupaten Ciamis.

Baca juga: Viar New Q1, Motor Listrik Buatan Lokal dengan Banyak Keunggulan

Dengan semboyan “Jaya Karsa Makarya Praja” yang artinya adalah kemenangan atau unggulan. Karsa adalah ide atau daya cipta yang selalu unggul dan sukses dalam pembangunan. Makarya adalah mendirikan, membangun, mengerjakan peerjaan dengan hasil yang sangat indah dan megah. Praja adalah bahwa pembanhunan Kabupaten Pangandaran ini lahir dari ide-ide dan aspirasi masyarakat Pangandaran itu sendiri. Jika disimpulkan berarti “Unggul dalam pemikiran demi menciptakan pemerintahan yang kuat”.

Tidak hanya menjadi ikon, Patung Ikan ini banyak menarik perhatian serta menjadi lokasi selfie nagi para wisatawan yang baru datang untuk mengabadikannya dalam sebuah foto ataupun sekedar beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan liburan ataupun ketika usai liburan dari Pangandaran.* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Persib Ingin Raih Poin di Kandang Singo Edan, Ini yang Dilakukannya

Editor: Ajay
								
    Bagikan  

Berita Terkait