Para Petualang Wajib Jelajah Goa Sinjang Lawang

Wisata —Senin, 5 Sep 2022 13:46
    Bagikan  
Para Petualang Wajib Jelajah Goa Sinjang Lawang
Goa Sinjang Lawang, Pangandaran.* (FOTO: Instagram @kelilingpangandaran)


POSTPANGANDARAN,- Goa Sinjang Lawang berlokasi di Dusun Parinengan, Desa Jatimulya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Bagi yang memiliki jiwa petualang yang besar harus mengunjungi lokasi ini.  Goa ini menawarkan keunikan sehingga petualang rasanya wajib menyusuri gua bertinggi dan lebar 60 meter.  Rutenya dengan mengikuti aliran sungai Cijulang.

Goa Sinjang Lawang ini berasal dari bahasa SundaSinjang berarti kain, dan Lawang artinya pintu. Kalau dilihat secara langsung, dinding di mulut gua ini memang memiliki motif mirip kain batik yang tercipta karena proses alam. Ukiran batu di gua ini membentuk motif batik khas Sunda dalam kain sinjang, atau kalau dalam bahasa Indonesia biasa disebut sarung.

Untuk sampai di Goa Sinjang Lawang ini, melewati trek yang menantangDari Citumang membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menuju Dusun Parinengan. Kemudian setelah itu, harus berjalan kaki melewati jalan setapak menuju mulut gua dengan jarak sekitar 1 kilometer.

Baca juga: Cari Motor Listrik Berbodi Gambot? Rakata NX3 Bisa Jadi Pilihan

Atau bisa juga menggunakan ban karet dengan menyusuri aliran sungai, lalu lanjut mengikuti jalan setapak dengan pemandangan yang kanan-kirinya bakal memanjakan mata. Setelah tiba di lokasi, bisa menikmati keindahan ukiran alami bumi.  Juga eksotisme menakjubkan dengan cahaya matahari yang menyinari gua, menambah keindahan destinasi wisata di Pangandaran.

Ketika sinar matahari menembus gua dan mengenai air di aliran sungai akan memantulkan warna hijau toska, hijau, dan merah ke dinding-dinging gua. Perpaduan warna inilah yang bisa dilihat di dinding gua dan membuat siapa saja takjub ketika melihatnya.

Untuk menelusuri Goa Sinjang Lawang ini perlu memakai pelampung, headlamp, dan ban karet.  Kenapa? Karena gua ini memang gua berair. Bagi yang berminat untuk mengunjungi wisata goa ini, perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp 150 ribu untuk tiket masuknya.  Itu sudah termasuk jasa pemandu wisata, ban, pelampung,paket makan dan jasa dokumentasi.  Waktu yang tepat untuk mengunjungi Goa Sinjang Lawang ini adalah dari pagi menjelang siang.* (RENALDI)

Baca juga: Wisata Curug di Bandung Raya, Ada Apa Saja?

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait